25 Desember Nanti, Warga Wawonii Tenggara Bakal Nikmati Jaringan 4G

Keterangan Gambar : Peletakkan Batu Pertama BTS Jaringan XL 4G di Desa Sinar Masolo Kecamatan Wawonii Tenggara oleh Wabup Konkep

Potretsultra

KONKEP – Janji yang pernah dilontarkan pasangan Amrullah – Andi Luthfi saat kampanye di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 silam untuk menghadirkan akses jaringan seluler di Kecamatan Wawonii Tenggara kini telah dilunasi.

Tepatnya pada Kamis (14/11/2019), pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) telah dilakukan peletakan batu pertama di Desa Sinar Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Desa Sinar Masolo merupakan bagian dari perkampungan Mosolo Raya yang terdiri dari Desa Mosolo, Desa Sinaulu Jaya dan Desa Sinar Masolo. Peletakan batu pertama di Desa Sinar Masolo ini sekaligus untuk tiga site yakni Site Mosolo, Site Polara, dan Site Lawey.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Luthfi mengungkapkan, bahwa terkait jaringan telekomunikasi tersebut prosesnya membutuhkan lobi-lobi ke pemerintah pusat. Karena anggarannya bukan dari APBD melainkan dari APBN.

“Alhamdulillah, saya bersama Pak Bupati dan seluruh elemen pemerintah di daerah ini selalu sinergi dan saling mendukung untuk percepatan pembangunan,” ungkap Andi Luthfi.

Tak lupa, Andi Luthfi menghaturkan terima kasih kepada warga pemilik lahan yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jaringan BTS.

“Insya Allah jadi amalan yang terus menerus mengalir. Perlu diingat pemerintahan tidak akan berjalan mulus tanpa dukungan masyarakat. Olehnya itu, mari senantiasa kita menjaga nilai kegotong royongan dan nilai-nilai kekeluargaan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Mosolo Raya, H Arsak Sikale, mengungkapkan rasa syukurnya atas hadirnya jaringan seluler tersebut. Sebab kata dia, selama ini warga yang mediami wilayah itu terbilang sangat tertinggal serta sulit berkomunikasi dengan keluarga yang jauh di seberang pulau.

“Saya mewakili masyarakat Mosolo Raya tak bisa lagi berkata apa-apa selain ucapan syukur kepada Allah SWT dan pemerintah yang sudah mewujudkan pembangunan jaringan. Sebab selama ini kami begitu tertinggal dan susah mengetahui keluarga kami yang nan jauh disana,” kata Arsak.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi (Kominfo) dan Persandian Konkep Jamhur Umirlan menambahkan, sesuai rencana yang dijadwalkan bahwa per tanggal 25 Desember 2019 nanti, jaringan tersebut sudah bisa On Air, atau sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

“Kami berharap segenap pemerintah desa dan seluruh elemen masyarakat untuk tetap memberi dukungan atas berjalannya proses pembangunan jaringan. agar bisa selesai sesuai rencana,” harapnya.

Selanjutnya, kata Jamhur, pihaknya juga berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat menjaga pemeliharaan tower BTS ini. “Karena semangatnya bukan hanya menjemput program, tapi setelah turun program dan terlaksana pembangunannya maka kita memberikan support dan dukungan terhadap adanya jaminan yang turut serta menjaga pemeliharaan daripada tower kita ini,” pintanya.

Untuk diketahui, jaringan BTS yang dibangun di tiga titik yakni Site Mosolo, Site Polara, dan Site Lawey menggunakan tower sinyal XL 4G. Sehinga bisa digunakan untuk mengakses internet.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *