10 Desa di Konkep ‘Keciprat’ Bantuan 30 Juta untuk Dirikan PAUD

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendibud) terus gencar mensukseskan program satu desa satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Program ini juga tengah gencar dilakukan oleh Pemerintah daerah (Pemda), termasuk Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Bahkan pada tahun 2021 ini, ada 10 desa di Konkep yang mendapatkan dana stimulan sebesar Rp 30 Juta dari Kemendikbud. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pengelolaan PAUD yang didirikan oleh 10 desa tersebut.

“Jadi sebenarnya program ini dalam rangka untuk mensukseskan salah satu program nasional bahwa satu desa itu satu PAUD,” ungkap Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan kebudayaan Konkep, Umaryadi usai Rapat Koordinasi bersama para kepala desa, Kamis (1/7/2021).

10 (sepuluh) desa yang berhasil ‘keciprat’ dana stimulan itu yakni Desa Langara Indah, Desa Langkowala, Desa Lawey, Desa Dompo-Dompo Jaya, Desa Mosolo, Desa Sinaulu Jaya, Desa Wunse Jaya, Desa Ladianta, Desa Mata Dimba, dan Desa Palingi.

“Pihak Kementerian memberikan dana stimulan sebesar 30 juta ini untuk memancing atau memberi semangat kepada para Kepala Desa agar mendirikan lembaga-lembaga PAUD yang ada di satuan pendidikan,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Umaryadi, PAUD-PAUD yang didirikan tersebut dibawah naungan Pemerintah Desa (Pemdes). Sehingga PAUD yang didirikan ini akan dikelola langsung oleh Pemdes setempat. Kepala Desa langsung yang akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Kepala Sekolah PAUD, beserta guru-gurunya.

Olehnya itu, Umaryadi berharap agar para Kades yang mendapatkan bantuan stimulan dari Kemendibud tersebut dapat pro aktif dalam hal melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

“Saya berharap bahwa program ini bisa kita apresiasi kemudian kita dukung untuk percepatan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat,” harapnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *