Warga Konkep Kini Bisa Cetak Sendiri Dokumen Kependudukan

Keterangan Gambar : Pamflet Pengumuman Layanan Online dari Disdukcapil Konkep (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Di masa pandemi Covid-19 ini, sebagian besar aktivitas kerja mulai dilakukan di rumah. Kini dokumen kependudukan pun sudah bisa dicetak sendiri di rumah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Muhulidi. Kata dia, Mulai 1 Juli 2020 seluruh dokumen kependudukan sudah bisa dicetak sendiri di rumah oleh pemohon dengan ketentuan menggunakan kertas HVS putih 80 gram ukuran A4, terkecuali KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Mulai 1 Juli lalu, semua dokumen kependudukan sudah bisa kita cetak sendiri, kecuali KTP dan KIA yang masih harus dicetak oleh Disdukcapil,” ujar Muhulidi saat ditemui di ruangannya, Jumat (7/8/2020).

Hal itu, lanjut Muhulidi, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konkep, Muhulidi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konkep, Muhulidi

Dengan begitu, pemohon dokumen tidak perlu lagi datang ke Kantor Disdukcapil Konkep untuk mengambil dokumen kependudukan yang diurusnya. karena dokumen tersebut sudah akan dikirimkan melalui email atau Akun WhatsApp yang sudah didaftarkan saat mengajukan permohonan.

“Layanan pengaduan administrasi kependudukan bisa melalui disdukcapilkonkep@gmail.com atau via WA 085299276501 atau 085232884780, aktif pelayanan pada hari kerja Senin sampai Jumat,” jelasnya.

Muhulidi menegaskan, dilakukannya pelayanan online dalam admnistrasi kependudukan ini dengan maksud untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ke seluruh masyarakat. Sekedar diketahui, kata dia, pelayanan online seperti ini telah disosialisasikan sebelumnya oleh Pemda Konkep sejak tahun 2019 lalu.

“Kita harapkan seluruh warga Konkep dapat memanfaatkan dengan baik atas kemudahan pelayanan kependudukan ini dengan bisa mencetak sendiri masing-masing pemohon warga yang bermohon,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *