Tanggapi Dualisme KNPI Buton, Rami Mursadi: Fokus Saja di Musda

Plt KNPI Buton, Rami Mursady Zaini (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Plt KNPI Buton, Rami Mursady Zaini (Foto: IST)

BUTON – Adanya polemik dualisme di tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sepertinya arus itu ikut terbawa di Kabupaten Buton.

Dari ramainya pemberitaan di media, terlihat ada dualisme KNPI di Kabupaten Buton yaitu kepengurusan KNPI dibawah pimpinan Ichsan W Hasan Mbou sebagai carateker dan Rami Mursady Zaini sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Wakil Ketua DPD KNPI Buton versi Ichsan Hasan Mbou, Muhammad Risman mengatakan, KNPI bukan sebuah organisasi yang baru saja terbentuk. Karena kata dia, keabsahan organisasi harus dilihat dari sejarah lahir dan aspek hukumnya.

“Ya, tentu itu bukan yang baru dibentuk, KNPI ini lahir sejak 1973 sedangkan DPP KNPI lahir hasil kongres luar biasa tahun 2015, sejak kapan nama KNPI berubah menjadi DPP KNPI,” ujar Risman beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Plt KNPI Kabupaten Buton, Rami Mursadi Zaini meminta kepada para pengurus KNPI untuk tidak terlarut dalam polemik keabsahan organisasi itu. Karena menurutnya, wilayah keabsahan itu bukan wilayah kerja Dewan Pimpinan Daerah (DPD) atau Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK), melainkan hal itu merupakan wilayah otoritas Dewan Pengurus Pusat (DPP).

“Saya katakan pengurus KNPI Buton bekerja saja, tidak usah larut dalam polemik keabsahan ini,” tegas Rami kepada Potretsultra.com, Senin (27/5/2019).

Olehnya itu, Sekretaris Korps Alumni HMI (KAHMI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu, menghimbau kepada para pengurus KNPI Buton untuk fokus menjalankan Musyawarah Daerah (Musda) yang bakal digelar pada bulan Juli 2019 mendatang.

“Jadi fokus saja menjalankan Musda,” tambahnya.

Saat ditanyai KNPI versi mana yang benar, Rami Mursadi hanya berkomentar singkat dengan menyinggung keberadaan anak dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Detri Warmanto Tjahyo Kumolo sebagai Wakil Ketua Umum DPP KNPI dan anak Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yamitema Tirtajaya Laoli sebagai Sekjen DPP KNPI yang masuk dalam struktur kepengurusan DPP KNPI dibawah pimpinan Abdul Aziz. Sedangkan di Kabupaten Buton, Rami Mursadi Zaini yang dipercayakan menjabat sebagai Plt KNPI.

Untuk diketahui, dualisme KNPI dari pusat hingga ke Kabupaten Buton yakni Ketua Umum KNPI periode 2018 – 2021 dijabat Noer Fajriensyah, di Sultra dijabat oleh Syahrul Beddu dan di Buton dijabat oleh Ichsan W Hasan Mbou sebagai carateker. Sedangkan yang selanjutnya yakni Ketua Umum DPP KNPI periode 2018 – 2021 dijabat Abdul Aziz, di Sultra dijabat oleh Umar Bonte, dan di Buton dijabat Rami Mursady Zaini sebagai Plt.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *