Pj Bupati Buton Reshuffle Kabinet, Dua Kursi Dinas Dijabat Plt

Keterangan Gambar : Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si Saat Melantik Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton (Foto: IST)

Potretsultra

BUTON – Pj Bupati Buton, Drs Basiran M.Si melakukan pelantikan terhadap sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Buton, di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Jumat (21/7/23).

Drs. Awaluddin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kini dilantik menjadi Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Sedangkan Safruddin, S.IP, M.Si yang sebelumnya menduduki kursi Kepala Dinas Perdagangan kini tergeser dan dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan.

Kemudian kursi Kepala Dinas Satpol PP kini diduduki oleh LM Muharram, SE, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Korporasi, Usaha Kecil dan Menengah. Sedangkan Asruddin, S.Sos, M.Si dilantik menduduki kursi Kadis Perdagangan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Nama lainnya yang ikut dilantik yakni Ir. H. Mustamlin Daly yang sebelumnya sebagai Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kini menduduki kursi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan PTSP. Sedangkan Drs. Harmin, M.Eng dilantik menjadi Kepala Dinas Transmigrasi dari sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan.

Ahmad Mulia, S.Pt, M.Si yang sebelumnya menjabat Kepala Bappeda kini digeser duduk di kursi Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Sedangkan kursi Kadis Koperasi dan UMKM kini duduki oleh Juriadin, S.IP yang sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Satpol PP.

Kursi BKPSDM kini dinahkodai oleh M. Taufik Tombuli, S.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Transmigrasi. Sedangkan Murad STP dilantik menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dari sebelumnya Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan.

Sementara itu, Camat Pasarwajo mendapat tugas tambahan yakni sebagai Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Staf Khusus Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jufri, S.Kom juga mendapat tugas tambahan menjabat sebagai Plt Kadis Pendidikan.

Pj Bupati Buton dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ini bukan terjadi serta merta. Bukan begitu datang akal langsung melantik, melainkan telah melalui proses yang cukup panjang.

Lebih lanjut Basiran menjelaskan, prosesnya dari tahun 2022 sejak Drs La Bakry MSi masih menjadi Bupati Buton. Ketika itu, pemerintahan La Bakry telah mengajukan izin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam rangka melakukan job fit terhadap pejabat pimpinan tinggi pratama.

Namun akibat waktu yang panjang, rekomendasi KASN belum keluar, La Bakry sudah berakhir masa jabatannya sehingga diteruskan oleh Basiran sebagai Pj Bupati Buton.

“Ini penting saya ceritakan, saya sampaikan pada kesempatan ini supaya tidak dipahami bahwa ini serta merta, tetapi melalui proses yang panjang,” jelas Basiran.

Seiring berjalannya waktu, tambah Basiran, kemudian keluarlah rekomendasi KASN. Sehingga dilakukanlah job fit oleh Sekda Buton, Asnawi Jamaludin SPd MSi, sebagai Ketua Pansel.

“Dari hasil seleksi Pansel, lalu bersurat lagi kepada Gubernur Sultra untuk proses lebih lanjut dalam rangka mendapat izin dari Mendagri,” terangnya.

Proses yang berlansung sejak awal 2023 itu, kata Basiran, akhirnya pada Juni lalu lahirlah
surat persetujuan izin pelantikan dari Mendagri.

“Surat tersebut juga sudah dikirimkan kepada Gubernur Sultra di Kendari sehingga berlangsung lah pelantikan seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Laporan: Akbar

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *