Penerima BST di Konkep Menurun, Ini Penyebabnya

Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk warga terdampak Covid-19 per bulan periode Maret dan April 2021 telah dicairkan.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Muhammad Rustam Arifin. “Dana BST yang bersumber dari Kementerian Sosial itu sudah cair untuk tahap Maret dan April,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/5/2021) Kemarin.

Lanjut Rustam, namun untuk jumlah penerima manfaat dari Bantuan sosial Tunai pada periode Maret dan April ini berbeda dari tahap-tahap sebelumnya. untuk dua bulan terakhir ini terjadi penurunan jumlah penerima yang disebabkan ada beberapa data penerima yang tidak valid Kartu Keluarganya.

“Memang kita banyak pengurangan disebabkan karena data Kartu Keluarga yang tidak valid, sehingga otomatis dari pihak Kemensos tidak mengalokasikan atau mentransferkan dananya,” jelasnya.

“Dari total penerima tahap sebelumnya sekitar 500-an KPM, kini hanya 432 KPM yang tertera namanya sebagai penerima Bansos BST,” sambungnya.

Rustam juga mengatakan, berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Kantor Pos sejak tanggal 15 April sampai 22 April dana BST tersebut sudah tersalurkan di tiap-tiap kecamatan.

Untuk diketahui, besaran dana BST per bulan yang diterima tiap KPM yakni Rp 300 ribu. Sehingga total untuk dua bulan yakni periode Maret dan April, masing-masing KPM menerima kucuran dana Rp 600 ribu.

Laporan: Redaksi

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *