PD Pasar: Dibalik Kabar Hoax Penutupan Pasar, Ada Oknum Diduga Menimbun Bahan Pangan

Keterangan Gambar : Direktur PD Pasar Kendari Asnar saat meninjau stok kebutuhan pangan di Pasar Baruga Kendari,Sabtu (21/3/2020) (Foto:Ismed)

KENDARI – Merebaknya Virus Corona (Covid-19) di Kota Kendari tidak hanya berdampak pada keresahan Jiwa. Namun berdampak pula kegelisahan para pedagang dan pembeli kebutuhan bahan pangan di Pasaran. Kini beredar di seantero jagad dunia maya Media Sosial (medsos), akan ada penutupan pasar pada tanggal 25 Maret 2020.

Menanggapi isu tersebut, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar mengungkapkan, bahwa isu penutupan pasar merupkan bar bohong alias hoax. Pihaknya mencurigai dibalik kabar hoax penutupan pasar tanggal 25 Maret itu, diduga ada oknum yang bermain-main menimbun bahan pangan dan menaikan harga dengan memanfaatkan kondisi terkini merebaknya virus corona (Covid-19) di daerah ini.

“Kami hari ini langsung mengadakan sosialisasi terhadap pedagang terkait isu bahwa semua pasar di Kota Kendari pada tanggal 25 Maret ini akan ditutup. Isu itu kami langsung kanter dan kami menyampaikan langsung kepada pedagang bahwa itu tidak benar, kabar bohong alias Hoax,” tegas Asnar di tengah menyampaikan sosialisasi di Pasar Baruga Kendari, Sabtu (21/3/2020).

Kata Asnar, sampai hari ini belum ada perintah dari Pemerintah Kota Kendari ataupun lembaga lain untuk menutup pasar. Memang informasi ini ada di media sosial seperti di WhatsApp dan dirinya juga sering ditelpon masyarakat bahwa akan ada penutupan pasar akibat dampak merebaknya virus corona.

“Saya sampaikan bahwa itu tidak benar dan bohong,” tegas Asnar

Masyarakat tidak perlu resah karena mendapat informasi dari luar bahwa akan ada penutupan pasar sampai waktu membaik.

“Untuk itu kami hadir dalam rangka menyakinkan pedagang bahwa tidak ada penutupan semua pasar yang kami kelola. Dan juga belum ada keputusan resmi dari pemerintah sehingga aktivitas di pasar berjalan seperti biasanya,” jelasnya.

Sambung Asnar, untuk stok kebutuhan pokok di pasar baruga ini semua aman-aman saja dan bisa mengisi pasar-pasar yang ada di Kota Kendari termaksud bongkar muat kebutuhan bahan pokok.

“Bahkan mereka menyuplai di pasar-pasar yang ada di Kota Kendari. Seperti kami saksikan bahwa stok aman dan harga stabil tidak ada perubahan harga sama sekali masih normal,” jelas Asnar.

Laporan: La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *