Mulai 8 Januari, Bawaslu Konkep Larang Bupati Lakukan Mutasi Jabatan

Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu Konkep, Muhammad Tawil

KONAWE KEPULAUAN – Bawaslu Kabapaten Konawe Kepulauan (Konkep) ‘mewarning’ kepala daerah agar tidak melakukan mutasi atau rotasi jabatan mulai 8 Januari 2020.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Konkep, Muhammad Tawil saat ditemui di ruangannya, Kamis (9/1/2020).

“Kami menghimbau kepada Bupati Konkep, kalau ingin mau maju lagi sebagai calon bupati, maka batas terakhir mutasi itu tanggal 8 Januari ini, enam bulan sebelum penetapan calon,” ujar Tawil.

Hal ini sesuai Pasal 71 UU nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Aturan tersebut lebih ditujukan kepada incumbent atau petahana. Dalam Pasal 71 ayat 2 dikatakan Gubernur/Wakil, Bupati/Wakil dan Walikota/Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan. Kecuali mendapat persetujuan dari menteri.

“Jika itu dilanggar, maka akan dikenakan sanksi berupa pembatalan sebagai calon,” tegasnya.

Kata Tawil, rotasi ini juga berlaku pada para pelaksana desa di Konkep. Sehingga mulai 8 Januari 2020, tidak ada lagi terjadi mutasi atau rotasi pelaksana desa.

“Terkecuali dalam posisi jabatan disitu kosong, kalau menggeser pelaksana desa itu sudah tidak bisa per 8 Januari 2020,” pungkasnya.

Laporan: Muamar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *