Mendagri Keluarkan Edaran, Pilkades di Konkep Ditunda?

Keterangan Gambar : Plt Kadis PMD Konkep, Zakaria Rasjid, S.Pd, M.Pd

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian mengeluarkan Surat Edaran pada 9 Agustus 2021 lalu terkait penundaan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 ini.

Hal tersebut dilakukan karena angka penyebaran Covid-19 akibat adanya varian delta yang terus meningkat. Dalam Surat Edaran itu, Mendagri Tito Karnavian meminta Pilkades serentak maupun Pemilihan Antar waktu (PAW) yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pengambilan nomor urut, kampanye calon dan pemungutan suara. Penundaan ini dalam rentang waktu dua bulan sejak surat ini ditandatangani atau ditetapkan kebijakan lebih lanjut.

“Penundaan yang dilakukan sebagaimana dimaksud tidak membatalkan tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya,” kata Tito Karnavian dalam edaran yang dikeluarkannya itu.

Lalu bagaimana dengan Pilkades di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Zakaria Rasjid, S.Pd, M.Pd menjelaskan, awalnya Pilkades serentak di Konkep bakal dimulai tahapannya pada akhir Bulan Agustus tahun 2021 ini. Namun karena adanya Surat Edaran Mendagri pada (9/8) lalu sehingga tahapan Pilkades di Konkep ikut ditunda.

“Berdasarkan edaran itu ya kita juga harus melakukan penundaan selama dua bulan kedepan. Tapi saya tegaskan bahwa yang ditunda itu tahapannya saja sambil menunggu petunjuk selanjutnya dari Kemendagri,” jelas Zakaria saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/8/2021).

Lanjut Zakaria, sebenarnya surat Mendagri ini sudah yang kedua kali, pertama terbit itu di Bulan Juli untuk penundaan Pilkades serentak kemudian disusul dengan tanggal 9 Agustus ini.

“Tidak dapat dipastikan Pilkades serentak di Konkep apa bisa dilaksanakan tahun 2021 ini atau bisa saja menyeberang ke tahun 2022. Hal ini karena atas dasar Surat Edaran Mendagri, sehingga lagi-lagi kepastian itu kami masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Mendagri,” katanya.

Terkait kesiapan Pemda Konkep dalam melaksanakan Pilkades serentak di 30 desa itu, Zakaria menegaskan telah siap. Peraturan Bupati (Perbup) terkait Pilkades tahun 2021 ini juga telah ditandatangani oleh Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT.

“Tentu penundaan Pilkades ini bukan kemauan Pemda, ini karena kita taat dengan Surat Edaran dari Mendagri. Kalau persiapan Pemda untuk melaksanakan Pilkades, kami sudah siap, hanya karena adanya edaran, makanya kita tunda dulu tahapannya,” tegasnya.

Zakaria juga menambahkan, pada 10 Agustus 2021 lalu Pemda Konkep telah melaporkan ke Kemendagri terkait persiapan Pilkades 30 desa di Konkep. Selain itu, ia juga melaporkan terkait penanganan Covid-19 yang masif dilakukan saat ini.

Laporan: Man

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *