Konkep Tahun 2021: Infrastruktur Digenjot, SDM Terus Ditingkatkan

Keterangan Gambar : Kepala Bappeda Konkep, Safiuddin Alibas (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Memasuki tahun 2021, Pemerintah Daerah Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mencanangkan tiga program besar untuk diprioritaskan.

Kepala Bappeda Konkep, Safiudin Alibas menjelaskan tiga program utama yang bakal diprioritaskan pada tahun 2021 mendatang yakni percepatan pembangunan infrastruktur wilayah, revitalisasi akibat pandemi Covid-19, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pembangunan infrastruktur terus dipercepat, lanjut Safiudin, karena kedepan konsepnya bukan lagi untuk membika keterisolasian daerah. Namun Konkep sudah harus bergerak pada peningkatan ekonomi suatu daerah.

“Karna konsepnya bukan lagi hanya membuka keterisolasian sesuai visi pak bupati. Tetapi menunjang pemberian nilai tambah ekonomi baik itu di sektor pertanian, perikanan dan sektor perindustrian,” ujar Safiudin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020) kemarin.

Karena suasana pandemi Covid-19 berdampak di sejumlah sektor, Safiudin menerangkan bahwa program revitalisasi akibat wabah Virus Corona ini harus ikut menjadi hal yang diprioritaskan pada tahun 2021 mendatang.

“Kedepan juga bagaimana agar kita bisa menciptakan revitalisasi yang terdampak akibat covid-19 misalnya sektor pertanian atau sektor pariwisata, ini kita terus memfungsikan kembali dengan baik untuk mengejar pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Selain percepatan infrastruktur dan revitalisasi akibat pandemi Covid-19, menurut Safiudin, pembangunan SDM dan pelayanan publik di Konkep terus menjadi prioritas untuk dikembangkan. “Pendidikan, kesehatan, itu akan kita dorong kesana, agar lebih maju. Itu harapan kita kedepan,” ucapnya.

Menurut Safiudin, Pemda Konkep juga menilai kerjasama antara desa melalui Dana Desa dan daerah melalui APBD dalam pembangunan harus disinkronkan. Hal ini agar Konkep terus melaju dan berkembang sesuai visi Indonesia membangun dari desa.

“Mulai 2021 nanti kita sudah harus memberikan penguatan di desa-desa, untuk melakukan sinkronisasi antara program pembangunan melalui Dana Desa dengan program pembangunan melalui APBD,” pungkasnya.

Laporan : Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *