Kolaborasi Pembangunan, 2 Kades di Wawonii Timur Kompak Bangun TPU

Keterangan Gambar : Kepala Desa Wakadawu, Arsali Bersama Kades Butuea, Samsudin

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Berangkat dari perhatian dan kepedulian terhadap warganya, dua Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kompak membangun fasilitas umum, Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Kedua Desa tersebut yakni Desa Wakadawu saat ini dijabat Arsali sebagai Kades dan Desa Butuea dijabat oleh Samsudin. Keduanya merupakan Kades definitif melalui pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2022 lalu.

Arsali memaparkan, pembangunan TPU tersebut telah lama dinantikan warga Desa Wakadawu dan warga Desa Butuea. Bagaimana tidak, selama ini kedua desa yang berada di Pulau Wawonii bagian timur itu belum memiliki fasilitas TPU sebagai kebutuhan vital masyarakat.

“Pembangunan TPU itu merupakan salah satu misi kami, jauh sebelum terpilih jadi Kepala Desa saya sudah berencana untuk membangun dan Alhamdulillah di tahun ketiga ini bisa direalisasikan,” ucap Arsali di Langara, Selasa, (11/6/2024).

“Ini murni inisiatif kami, selama ini ketika ada keluarga yang meninggal dunia agak kerepotan mencari tempat pemakaman,” sambungnya

Lanjut Arsali, pembangunan fasilitas umum itu disambut baik oleh masyarakat dan telah disepakati bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Adapun sumber anggaran pembangunanya berasal dari Dana Desa (DD) dengan luas lahan kurang lebih satu hektare persegi.

Potretsultra

“Rencananya, dalam waktu dekat kami akan melakukan penggusuran dan pembersihan lahan yang sudah kami bebaskan itu, kami akan menyewa alat berat untuk menumbangkan pohon-pohon kelapa di dalamnya karena lahan itu merupakan kebun kelapa. Mudah-mudahan cuaca bersahabat,” tuturnya

Arsali menargetkan, pembangunan TPU yang berlokasi di Desa Wakadawu itu rampung tahun ini, kemudian dapat dipergunakan secara umum. Sambung ia, pihaknya dan Kades Butuea membuka diri terhadap desa lain untuk join berkolaborasi dalam membangun fasilitas pendukung lainnya sehingga mampu dikembangkan lebih luas.

“Bukan hal tidak mungkin desa tetangga kami Tekonea dan Saburano untuk tidak diikutkan dalam pembangunan fasilitas TPU ini, bukan cuman pembebasan lahan saja tetapi masih banyak pembangunan fasilitas lainnya seperti jalan dan juga pagar sehingga mereka bisa mengambil alih pekerjaan itu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Samsuddin menjelaskan pembangunan TPU tersebut sebagai langkah konkrit Pemdes Butuea dan Wakadawu dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas sebagai wujud pengabdian nyata. Menurutnya, ada beberapa keluarga yang berada di 2 Desa tidak memiliki lahan dekat perkampungan.

“Alhamdulillah masyarakat sangat mengapresiasi program ini kita sadari bahwa fasilitas seperti TPU merupakan satu kesatuan yang tidak terlepas dari kehidupan kita. Tatkalah ada keluarga yg dapat musibah tidak lagi kerepotan memikirkan tempat penguburan karena sudah di siapkan,” tandasnya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *