IZI Sultra Salurkan Paket Ramadhan Perdana di Wilayah 3T

Keterangan Gambar : Tim IZI Sultra Saat Menyalurkan Paket Ramadhan di Desa Muara Sampara, Konawe (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE – Ramadhan secara umum menjadi momentum terbaik bagi ummat islam untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Hal itu juga dilakukan oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Tim Program IZI Sultra, Abdul Fajar menjelaskan, pihaknya melakukan penyaluran paket ramadhan perdananya pada Senin (12/4/2021) kemarin di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) yakni wilayah Desa Muara Sampara, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.

Lanjut Fajar, proses penyaluran Paket Ramadhan perdana IZI Sultra dirangkaikan dengan penyaluran paket Layanan Mulia Mustahik (LAMMUS) di wilayah yang sama. Sebanyak 45 paket secara keseluruhan disalurkan diwilayah tersebut yang mayoritas penerima manfaatnya adalah para janda dan juga para korban Abrasi yang kehilangan rumahnya akibat terkikis oleh sungai sampara.

“Berdasarkan data lebih dari 30 rumah yang sudah hilang dan lebih dari 40 keluarga harus mengungsi dan membuat pemukiman di wilayah lain yang masih bagian wilayah muara tersebut,” ujar Abdul Fajar kepada Potretsultra.com, Rabu (14/2/2021).

Fajar juga mengatakan, proses penyaluran yang dilakukan oleh Tim IZI Sultra di sambut meriah oleh para penerima manfaat. Tak sedikit diantara mereka juga merasa haru dan bahagia dengan adanya Paket tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka beberapa hari kedepan.

“Terlebih saat-saat menjelang Ramadhan ini sehingga paket tersebut dapat dinikmati pada saat hari-hari awal Ramadhan,” katanya.

Ibu Rukaeni (63) salah satu penerima manfaat paket Ramadhan dengan perasaan haru menyampaikan rasa terima kasihnya kepada IZI Sultra yang sudah memberikan paket ramadhan ini kepadanya sehingga dapat meringankan beban keluarganya beberapa hari kedepan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka pada hari-hari awal ramadhan.

Ibu Rukaeni merupakan salah satu korban Abrasi Sungai Sampara yang saat ini sebagian rumahnya sudah runtuh dan jatuh ke sungai, yang saat ini tersisa dari bagian rumahnya tinggal kamar bagian depan saja. Belum lagi rumah tersebut dihuni sebanyak dua keluarga yang terpaksa harus mengungsi ke rumah keluarga terdekat.

Kepala Perwakilan IZI Sultra, Ramli berharap paket ini dapat membantu secara keseluruhan para penerima manfaat, terlebih pada awal bulan suci Ramadhan ini. Karena kebutuhan menjadi semakin banyak dibutuhkan untuk berbuka dan sahur sehingga para masyarakat lebih tenang menjalani ibadahnya di bulan Ramadhan.

“Kami juga tidak lupa meminta do’a terbaik dari para peneriman manfaat untuk keistiqomahan para karyawan IZI terlebih kepada para donatur yang terus memberikan sumbangsih terbaiknya kepada para masyarakat dhuafa,” ucap Ramli.

Laporan: Aden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *