Ini Profil Singkat 14 Calon Anggota KPU RI

Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

JAKARTA – Tim Seleksi (Timsel) telah menyerahkan 14 nama calon anggota KPU RI ke Presiden Joko Widodo pada Kamis (6/1/2022) kemarin.

Sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, setelah ini Presiden mengajukan 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu ke DPR RI.

Nantinya, DPR akan memilih calon anggota KPU berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan. Setelah itu, DPR menetapkan 7 nama calon anggota KPU dan 5 nama calon anggota Bawaslu.

Berdasarkan hasil penelusuran Potretsultra.com, Berikut profil singkat 14 nama calon anggota KPU RI yang diserahkan Timsel ke Presiden.

  1. August Mellaz

Ia merupakan salah satu nama yang ikut diserahkan Timsel KPU RI dari 14 nama ke Presiden Joko Widodo. Namanya tercatat sebagai Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi. August Mellaz juga sering terlibat dalam riset urusan kepemiluan. Saat ini menjadi Anggota Tim Kajian Penataan Sistem Politik dan Sistem Pemilu Indonesia.

  1. Betty Epsilon Idroos

Saat ini ia masih menjabat sebagai Ketua KPU DKI Jakarta untuk periode 2018 – 2023. Perempuan 41 tahun ini lahir dan besar di Meda, Sumatera Utara. Betty kuliah S1 di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan sosial-ekonomi, kemudian lanjut S2 di jurusan ilmu politik Universitas Indonesia (UI). Di sela studi S2 pada 2006, Betty memutuskan cuti untuk bergabung dengan LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial) sebagai asisten peneliti. Ia pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Komisi II DPR RI, dan aktif di program lembaga-lembaga nirlaba dalam negeri dan luar negeri. Betty juga pernah menjadi Ketua Umum Kohati PB HMI periode 2006 – 2008.

  1. Dahliah

Nama Dahliah masuk dalam 14 besar calon anggota KPU RI periode 2022 – 2027. Ia tercatat pernah menjadi anggota KPU DKI Jakarta periode 2008 – 2013. Karinya juga banyak berkecimpung di PW Fatayat NU DKI Jakarta. Dahliah mengawali kiprah keaktivisannya di Pergerakan Islam Mahasiswa Indonesia (PMII). Saat ini ia juga sedang menjabat sebagai Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia DKI Jakrta.

  1. Hasyim Asy’ari

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah 3 Maret 1973 itu saat ini sedang menjabat sebagai anggota KPU RI periode 2017 – 2022. Hasyim masuk ke KPU RI menggantikan posisi Husni Kamil Manik yang wafat saat mengemban amanah Ketua KPU RI. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota KPU Provinsi Jawa Tengah periode 2003 – 2008. Ia dikenal juga sebagai seorang akademisi, menjadi dosen di Universitas Diponegoro (UNDIP). Pada 2014 – 2018 lalu, ia menjabat sebagai Kepala Satkorwil Banser Jawa Tengah. Di dunia aktivis, ia tercatat sebagai Penguru PMII Cabang Purwokerto.

  1. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

Saat ini ia menjabat sebagai anggota KPU RI menggantikan posisi Wahyu Setiawan yang sebelumnya menyatakan mundur setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap penetapan anggota DPR 2019-2024. Sebelum dilantik, I Dewa Kade sedang menjabat anggota Bawaslu Provinsi Bali periode 2018 – 2023. Bukan hanya itu, ternyata ia juga sempat menjabat sebagai ketua KPU Provinsi Bali periode 2013 – 2018. Saat mahasiswa, ia bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dengan posisi tertinggi sebagai Ketua GMNI DPC Yogyakarta 1994-1996.

  1. Idham Holik

Namanya ikut didorong oleh Timsel KPU RI ke Presiden dalam 14 besar calon anggota KPU RI. Saat ini Idham sedang menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Jawa Barat periode 2018- 2023. Sebelumnya, ia juga sempat menjabat Ketua KPU Kabupaten Bekasi. Termasuk sempat sebagai koordinator UNFREL Kabupaten Bekasi. Irisan organisasi mahasiswa, Idham Holik pernah masuk dalam jajaran kepengurusan PB HMI.

  1. Iffa Rosita

Saat ini Iffa Rosita menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi periode 2018 – 2023. Sebelumnya, ia juga duduk sebagai anggota KPU Kota Bontang. Saat mahasiswa, Iffa Rosita tergabung sebagai aktivis di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, juga sebelumnya aktif di Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM). Ia juga aktif di PD Aisyiyah Kota Bontang.

  1. Iwan Rompo Banne

Ia terlahir di Poasaa, Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara 19 Oktober  1976. Iwan Rompo saat ini menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, dan telah duduk selama dua periode. Ia kuliah S1 jurusan administrasi negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, lalu lanjut S2 Antropologi di Universitas Indonesia. Namanya juga tercatat sebagai Dosen di FISIP UHO. Saat mahasiswa, Iwan Rompo menjadi aktivis di HMI bahkan sempat menjabat sebagai Wasekjen PB HMI periode 2004 – 2006. Ia juga sempat diamanahkan sebagai Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara.

  1. Mochammad Afifuddin

Saat ini Moch Afifuddin sedang aktif menjabat sebagai Komisioner Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi. Ia dibesarkan dari keluarga santri di Sidoarjo, Jawa Timur. Aktivitas kepemiluannya banyak dicurahkan di lembaga pemantau pemilu JPPR. bahkan di tahun 2013-2015 diberi mandat menjadi Koordinator Nasional (Kornas) JPPR. Saat menjadi Kornas JPPR, Afifuddin mempunyai kesempatan mengikuti sejumlah pemantauan pemilu di luar negeri seperti di Timor Leste, Thailand, Nepal, dan Afghanistan bersama Asian Network for Free Elections(ANFREL). Saat mahasiswa, ia berkader di PMII, hingga menjabat sebagai Bendahara Umum PB PMII.

  1. Muchamad Ali Safaat

Nama lain yang masuk 14 besar dan diserahkan Timsel KPU RI ke Presiden Joko Widodo yakni Muchamad Ali Safaat. Ia belum pernah terlibat sebagai penyelenggara Pemilu. Namun kemampuannya juga tak bisa dianggap remeh. Ali Safaat bahkan pernah menjadi staf ahli Mahkamah Konstitusi RI pada tahun 2006 – 2010 silam. Saat ini ia tercatat sebagai dosen PNS dan menjabat Dekan Fakultas Hukum di Universitas Brawijaya. Saat mahasiswa, Ali Safaat berkader di HMI dan para periode 2016 – 2021 ia didaulat sebagai Presidium Korps Alumni HMI Kota Malang.

  1. Parsadan Harahap

Saat ini ia sedang aktif menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu. Sebelum itu, Parsadan Harahap juga pernah menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Bengkulu. Ia kuliah S1 jurusan agronomi Universitas Bengkulu dan S2 jurusan ilmu administrasi di Universitas Bengkulu. Saat mahasiswa, ia benar-benar terlibat dalam dunia aktivis. Mulai dari Ketua Senat Mahasiswa hingga menjadi Ketua Umum HMI Cabang Bengkulu. Karirnya di HMI, sampai menjadi Wasekjen PB HMI periode 1999 – 2000. Kini ia diamanahkan menjadi Presidium MW KAHMI Provinsi Bengkulu.

  1. Viryan

Ia dilahirkan di Jakarta, 4 September 1975. Viryan merupakan lulusan Universitas Tanjungpura pada tahun 2000. Kemudian Viryan melanjutkan S2 di Universitas Tanjungpura dengan mengambil program Manajemen tahun 2006. Namanya tak asing lagi di KPU RI. Ia termasuk kandidat petahana, karena saat ini masih aktif menjabat sebagai Komisioner KPU RI. Karirnya di KPU terbilang cukup berpengalaman. Dimulai dari Anggota KPU Kota Pontianak, hingga menjadi anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat. Saat mahasiswa ia menjadi aktivis di Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pontianak, dan pernah menjabat sebagai Presidium Kahmi Pontianak.

  1. Yessy Yatty Momongan

Yessy Momongan saat ini sedang menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara. Ia termasuk perempuan yang ikut lolos 14 besar dan namanya diserahkan ke Presiden oleh Timsel KPU RI. Sebelumnya, ia sempat menjabat Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara periode 2013 – 2018 dan anggota KPU Kabupaten Minahasa. Saat mahasiswa, ia menjadi aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

  1. Yulianto Sudrajat

Nama terakhir berdasarkan abjad yang diserahkan ke Presiden Jokowi yakni Yulianto Sudrajat. Saat ini ia sedang aktif menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, ia dua periode menjabat sebagai komisioner KPU Kabupaten Sukoharjo dari periode 2008 – 2013 hingga periode 2013 – 2018. Di tahun 2001 silam, Yulianto aktif sebagai wartawan Radar Jember. Saat mahasiswa, ia berkader di GMNI dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang GMNI Surakarta pada tahun 1996 silam.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.