Habil Marati Ditangkap Dugaan Rencana Pembunuhan, Begini Reaksi PPP Sultra

Keterangan Gambar : Ketua DPW PPP Sultra, Abdul Rasyid Syawal (Foto: IST)

Potretsultra

KENDARI – Politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Habil Marati kini ditangkap polisi atas dugaan rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional.

Habil Marati ditangkap dirumahnya pada Rabu (29/5/2019) lalu karena diduga ikut berperan sebagai pemberi uang sebesar SGD 15.000 atau senilai Rp 150 juta kepada Kivlan Zen. Uang itu digunakan untuk pembelian senjata api. Kivlan Zen lalu mencari eksekutor dan memberi target pembunuhan 4 tokoh nasional, yaitu Wiranto, Budi Gunawan, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gories Mere. Selain itu, Habil Marati juga diduga memberikan uang Rp 60 juta kepada H Kurniawan alias Iwan.

Mendengar informasi tertangkapnya Habil Marati tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Sultra, Abdul Rasyid Syawal mengaku kaget dan syok mendengarnya. Karena Habil Marati yang dikenalnya itu termasuk figur yang baik dan pengayom.

“Karena kami tidak pernah menduga bahwa Habil Marati yang kami kenal baik, figur yang kami kenal pengayom tiba-tiba diindikasikan oleh polisi sperti itu,” ujar Abdul Rasyid Syawal saat ditemui di kediamannya di Kendari, Kamis (13/6/2019).

Rasyid Syawal mengaku karakter Habil Marati yang dikenalnya sebagai pengibar panji Kakbah di Sultra itu sangat berbanding terbalik dengan yang musibah yang ditimpanya saat ini. Namun, ia juga meyakini bahwa pihak kepolisian tentu tidak mungkin melakukan sesuatu tanpa ada penyelidikan sebelumnya.

“Kok bisa Pak Habil mau membunuh orang, bukan bermaksud membela tapi kami kaget. Tapi kan polisi juga tidak mungkin melakukan sesuatu tanpa ada penyelidikan,” katanya.

Potretsultra

Atas kasus yang ditimpa politisi senior PPP Habil Marati tersebut, Rasyid Syawal selaku pimpinan PPP di Sultra mempersilahkan pihak kepolisian untuk menjalankan kerja-kerjanya. Rasyid menghargai kinerja aparat yang berwajib untuk menjalankan tugasnya agar lebih terang-benderang kasus ini.

“Intinya kita serahkan semua kepada pihak yang berwajib untuk memproses ini, kami hanya berharap mudah-mudahan ini bisa lebih terang benderang oleh pihak kepolisian. Saya kira faktor pembuktiannya nanti pada proses pengadilan,” tegasnya.

Soal pendampingan dan pengawalan hukum kepada Habil Marati, Rasyid Syawal menjelaskan, hingga saat ini belum ada penyampaian resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. Kata Rasyid, pihaknya mendukung penuh langkah-langkah yang akan diambil DPP PPP terhadap Habil Marati.

“Bagi kami apa yang menjadi langkah DPP, itulah yang kami amini,” jelasnya.

Rasyid Syawal berharap agar Habil Marati kuat dan tegar menjalani ujian ini. Sebagai seorang kader PPP, lanjutnya, jalani lah proses hukum dengan arif dan bijak.

“Kalau saya sebagai juniornya, mudah-mudahan beliau kuat, tegar sebagai seorang kader, dan menjalani proses hukum dengan arif,” harapnya.

Rasyid Syawal meyakini, dugaan rencana pembunuhan 4 tokoh nasional yang melibatkan Habil Marati tersebut bukan arahan dari PPP. Atau yang lebih ekstrimnya, ia katakan, hal ini tidak ada hubungannya dengan PPP.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *