Diduga Curang, Hasil Pilkades Loghiya di Muna Ditolak dan Bakal Digugat

Keterangan Gambar : Situasi Pilkades di Desa Loghiya (Foto: IST)

MUNA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar 24 September 2022 di desa Loghiya, Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, diduga sarat kecurangan.

Hal itu diungkapkan Oleh Aldo Zhafar Selaku Pemuda Desa Loghiya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Menurut Aldo Zhafar, dari awal ia melihat terjadi kejanggalan pelakanaan yang dilakukan oleh panitia yang diduga ada beberapa masyarakat yang namanya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun tidak diberikan hak kartu panggilan.

“Pilkades yang dilaksanakan pada Kamis (22/11/2022) jelas penuh kecurangan banyak kejanggalan yang ditemukan,” katanya dengan nada kesal.

Aldo membeberkan, beberapa kejanggalan sempat ditemukan. Misalnya di TPS 1, dari jumlah warga yang ikut mencoblos tidak sesuai dengan kertas suara yang ada dalam kontak suara. Kemudian telah ditemukannya beberapa orang pemilih yang tidak berkedudukan di Desa Loghiya atau pemilih yang dari luar Desa Loghiya.

Aldo juga menjelaskan, jumlah wajib pilih Desa Loghiya yang memilih di TPS 1 sebanyak 334 orang yang ikut andil memberikan hak suaranya. Sementara saat penghitungan surat suara yang ada dalam kotak terjadi penambahan kertas suara menjadi 335.

“Ini aneh karena terjadi selisih 1 kertas suara,” ungkapnya.

“Kami menolak hasil pemilihan karena dinilai menyimpang dari proses pelaksanaan dan tidak sesuai dengan prosedur,” tegasnya.

Aldo meminta kepada Desk Pilkades Kabupaten Muna atau BPMD Muna untuk melakukan pemilihan ulang. Karena diduga sarat akan kecurangan dan sangat merugikan kandidat calon lain.

“Kasus ini akan kami perkarakan dengan melakukan gugatan kepada panitia pemilihan kepala desa serta instansi terkait dengan beberapa alat bukti yang kami temukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui pemilihan calon kepala desa di Loghiya diikuti tiga kandidat yakni La Bidu, A.ma (nomor urut 1) memperoleh 264 suara, La Ode Ifrisal, S.Hut,M.Si (nomor urut 2) 259 suara, La Ode Muhamad Idris (nomor urut 3) memperoleh 259 suara .

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *