Bangkitkan Jiwa Nasionalis Koramil 1416-02 Tikep, Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Siswa Baru SMA 1 Tirta

Keterangan Gambar : Danramil 1416-02/Tikep Kapten Inf Saifuddin saat memberikan materi kepada siswa baru SMAN 1 Tirta. (Foto : Istimewa)

MUBARPada era jaman modern saat ini, perkembangan teknologi informatika dan telekomunikasi berkembang begitu pesat, sangat berpengaruh pada cara pandang generasi muda.Untuk membendung pengaruh negatif perkembangan teknologi tersebut, prajurit TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1416-02/ Tiworo Kepulauan (Tikep) memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tiworo Tengah (Tirta) guna membangkitkan Nasionalisme, Selasa (16/07/2019).

Danramil 1416-02/Tikep Kapten Inf Saifuddin,mengatakan Pembekalan ini dimaksudkan agar generasi muda tidak melupakan budaya bangsa Indonesia seperti yang diajarkan dalam Pancasila. Begitu mudahnya mengakses hal-hal baru dari internet, belum tentu semuanya sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, sehingga bisa menyebabkan nasionalisme jadi luntur atau pudar.

“Wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Serta dibarengi dengan materi praktek Peraturan Baris berbaris,”ujar Saifuddin, Selasa (16/07/2019).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian dan menambah wawasan akademis, berkreasi dengan kemampuan ataupun Skill di lapangan sehingga menjadi generasi- generasi yang bermartabat dan berakhlakul karimah.

“Tekad Kami sebagai TNI dalam membangkitkan jiwa Nasionalisme kepada generasi muda Indonesia.Kami akan mengunjungi semua SMA, SMK di Wilayah Tiworo Raya,”ungkapnya.

Ia pun berharap mudah-mudahan dengan memberikan materi kepada siswa-siswi lebih lagi kecintaannya terhadap Bangsa Negara Indonesia.

Sambungnya program pembekalan wawasan kebangsaan diwajibkan bagi semua Koramil di seluruh Indonesia dan harus wajib melaksanakan.

Sementara itu, Kepsek SMAN 1 Tirta, La Badi mengatakan materi kebangsaan yang di bawahkan oleh TNI yakni Koramil 1416-02/Tikep sangat penting bagi generasi muda khususnya para Siswa baru agar mereka paham dan tahu pentingnya pengetahuan kebangsaan ini.

“Kegiatan ini sangat berguna, agar para siswa memiliki jiwa dan nasionalis, dan kepribadian baik dan displin. pungkasnya.

Laporan : Sacriel

Editor:Ismed

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *