Askrindo Sinergi dengan Bank Sultra Penjaminan KUR

Keterangan Gambar : Suasana diskuai Lintas Media se Sultra (Foto:Ismed)

KENDARI– PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo (Persero) menjalin sinergi BUMN dengan Bank Pemerintah Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara.Kerjasama dimaksud dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Penjaminan Kredit Usaha Rakyat.

Kepala Unit Pemasaran Askrindo Cabang Kendari,Febrianto Utari,menerangkan adapun perjanjian kerjasama pemanfataan Teknologi Informasi melalui sistem online dalam rangka pelaksanaan Penjaminan KUR meliputi pengajuan permohonan penerbitan sertifikat penjaminan, penerbitan dan pengiriman sertifikat penjaminan, pengajuan klaim, penerbitan dokumen persetujuan klaim ataupun penolakan,dan pengelolaan subrogasi.

“Selain mengembangkan Kredit Usaha Rakyat KUR dan usaha kecil menengah dan lainnya Askrindo juga ada produk Asuransi umum seperti asuransi kecelakaan diri,asuransi kebakaran asuransi tanggung gugat dan juga asuransi alat berat serta pengiriman kendaraan kendaran,”ujar febrianto pada acara forum lintas media se Sultra di Wonua Monapa Kab Konsel,Sabtu (14/3/2019).

lanjutnya,kendala Askrindo bergerak di bidang asuransi kredit menyalurkan kepada masyarakat namun terkadang kekurangan agunan untuk mengambil kredit di perbankan.

“Kami hadir sebagai tambahan agunan bagi masyarakat yang ingin mengambil kredit sehingga bisa menjadi Kredibel.Biasanya kan kalau perubahan itu agunan perlu 125% sementara kan biasanya masyarakat memenuhi syarat agunan ke perbankan itu 100% Jadi untuk membayar klaim bisa sampai yang namanya ratio Kalau kami di situ bisa sampai Rp1 triliun,”paparnya.

Jika dihubungkan dengan kasus Jiwasraya yang menjamin jiwa punya produk namanya asuransi kecelakaan diri dan Natural date artinya askrindo menjamin semua tanggungan yang mengalami kecelakaan diri maupun yang meninggal karena sakit dan sebagainya tetapi pola pembayaran premi.

“Seperti investasi kami meminta pembayaran dari tertanggung itu dengan pola pertahun dalam jangka waktu 1 tahun cuma membayar Satu Kali Saja sehingga nanti ketika dia meninggal dunia kami akan memberikan 100% dari nilai pertanggungan dari kreditur tersebut,”katanya.

Lebih lanjut dia,Khusus di wilayah Sulawesi Tenggara hampir semua BUM termasuk menjalin kerjasama baik bank Mandiri Bank Sultra,BRI,BNI,BTN dan bersumber sudah terbayarkan klaim itu sebesar Rp13,5 miliar itu sudah termasuk debitur yang macet maupun yang meninggal dunia.

“Kemudian kalau batasan kita selama setahun ini untuk pembayaran debitur atau perbankan mengajukan klaim komitmen dalam waktu 14 Hari akan segera mencairkan pembayaran lainnya sehingga npl perbankan tetap stabil tidak naik di atas 4%.

Febri menambahkan,Askrindi berdiri pada tahun 1971 tanggal 6 April Kami punya kantor cabang sebanyak 60 di seluruh provinsi di Indonesia salah satunya ada di kota Kendari.

Laporan:La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *