132 KK di Konkep ‘Keciprat’ Bantuan Bedah Rumah

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep, Drs. Danyal, M.Pd

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Upaya tersebut mulai dari pembangunan infrastruktur, pemberian bantuan baik sektor perikanan, pertanian, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), hingga bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Konkep, Pemda yang dipimpin oleh Ir. H. Amrullah, MT sebagai Bupati dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM sebagai Wakil Bupati ini menggelontorkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

“Ada 132 Kepala Keluarga tahun ini yang diberikan dana stimulan untuk program bedah rumah, dan dianggarkan melalui DAK,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Konkep, Drs. Danyal, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Danyal menjelaskan, 132 unit rumah itu tersebar 32 unit di Kecamatan Wawonii Timur, 48 unit rumah di Kecamatan Wawonii Timur Laut, dan 52 di Kecamatan Wawonii Barat.

“Jadi untuk Wawonii Timur yang akan diberikan dana stimulan yaitu, 16 unit rumah di Desa Lebo, dan 16 unit di Desa Lembono. Kemudian untuk Wawonii Timur Laut, ada 16 unit rumah di Desa Purau, 16 rumah di Desa Dimba, dan 16 rumah di Desa Patande,” jelasnya.

“Sedangkan untuk Kecamatan Wawonii Barat, yaitu 18 unit rumah di Desa Lamoluo, 17 rumah di Desa Mata Langara, dan 17 rumah di desa Lanowatu,” sambungnya.

Masing-masing per rumah, tambah Danyal, diberikan dana stimulan sebesar Rp. 20.300.000. Dia menegaskan bahwa dana stimulan ini diberikan bukan kepada warga yang belum siap anggarannya untuk membangun rumah. Namun program ini diperuntukkan ke warga yang memang sudah memiliki tabungan bahan bangunan atau telah memulai pembangunan rumah. Sehingga Pemda hanya membantu memberikan dana yang bersifat stimulan.

“Alhamdulillah program bedah rumah ini sudah berjalan sekitar 50 persen, bahkan ada beberapa rumah yang sudah selesai pembangunannya,” katanya.

“Mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan, diharapkan masyarakat penerima bantuan dapat merespons baik bantuan ini,” pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep itu.

Laporan: Man

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *