Hadiri Pesta Panen, ini Pesan Wakil Bupati Butur  

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Buton Utara, Ahali Bersama Ibu Amalia Ahali Saat Menghadiri Pesta Panen di Desa Morindino Kecamatan Kambowa, Buton Utara (Foto: Laode Baharudin)

BUTON UTARA – Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali menghadiri Pesta Panen di Desa Morindino, Kecamatan Kambowa, Minggu (27/11/2022).

Ahali hadir di Desa Morindino bersama istri, Amalia Ahali disambut meriah dan diarak oleh seluruh warga setempat hingga ke panggung pesta.

Mengawali sambutannya, Ahali menyampaikan kehadirannya di Desa Morindino atas nama Pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam memenuhi undangan masyarakat dan pemerintah Desa Morindino.

“Terlepas saat ini saya hadir disini karena sebagai pimpinan daerah, tetapi sebenarnya saya pulang kampung dan kebetulan hari libur karena rumah saya tidak jauh dari sini,” ucap Ahali.

Ahali menambahkan, hakikatnya bahwa pesta panen ini diselenggarakan setiap pasca panen akhir tahun, dimana seluruh warga desa akan menyajikan berbagai menu makanan dari hasil panen petani desa.

“Pesta panen ini sebelumnya dikenal dengan istilah pesta rakyat, dan kegiatan seperti ini sudah diselenggarakan oleh para sesepuh kita sejak dahulu kala ujar Ahali,” jelasnya.

Ahali berharap, kepada seluruh warga Morindino khususnya dan masyarakat Buton Utara secara umum, agar tetap mempertahankan kearifan budaya lokal seperti pesta panen ini.

“Pesan saya, terutama adik-adik generasi muda untuk bersama-sama melestarikan pesta panen sebagai bentuk penghargaan terhadap leluhur yang telah mewariskan pesta tahunan ini kepada kita semua,” tutup Ahali.

Laporan: Laode Baharudin

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *