9 Butir Suara Anak Konkep Disampaikan ke Pemerintah Melalui Forum Anak Nasional

Keterangan Gambar : Perwakilan Konkep yang Ikut Menghadiri Forum Anak Nasional di Semarang

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia menggelar Forum Anak Nasional (FAN), di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) ikut serta menghadiri kegiatan Forum Anak yang digelar tanggal 20 sampai 22 Juli tahun 2023 tersebut. Kegiatan ini ikut dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Konkep, Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, dan perwakilan forum anak Konkep.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konkep, Hj. Siti Sulaeha Abbas melalui Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Hj. Marniansih, SKM, MKM. Kata dia, kegiatan Forum Anak Nasional ini merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2023.

“Kita dari Konkep ada 4 orang yang berangkat menghadiri kegiatan Forum Anak Nasional ini di Semarang,” ujar Marniansih Potretsultra.com, Kamis (20/7/2023).

Lebih lanjut, Marniansih menjelaskan, dalam upaya pemenuhan hak partisipasi anak, Kemen PPPA telah menbentuk wadah partisipasi anak yaitu Forum Anak. Kebijakan ini diatur melalui Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 1 Tahun 2022.

“Untuk Konkep, Forum Anak ini telah terbentuk dari tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga di tingkat desa. Tujuannya untuk berperan aktif dalam pembangunan sebagai pelopor dan pelapor maupun melalui partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan,” jelasnya.

Setiap tahunnya, tambah Marniansih, Forum Anak menghasilkan Suara Anak Indonesia (SAI) yang disusun dari suara anak tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga di tingkat nasional.

“SAI akan disampaikan oleh perwakilan Forum Anak dari seluruh Indonesia kepada Bapak Presiden RI pada puncak perayaan Hari Anak Nasional,” katanya.

“Harapannya setelah pulang dari kegiatan forum anak nasional dapat menyuarakan suara anak Konkep dan memperjuangkan hak-hak anak di Konkep,” terangnya.

Untuk diketahui, berikut ini 9 butir Suara Anak Indonesia dari Kabupaten Konawe Kepulauan yang akan disampaikan pada Forum Anak Nasional.
1. Meminta kepada Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, untuk membantu dan mendukung serta menyukseskan program kabupaten layak anak di Kabupaten Konawe Kepulauan.
2. Memohon kepada Pemerintah, untuk memberikan fasilitas bermain layak anak kepada Anak-anak di Kabupaten Konawe Kepulauan untuk menunjang pertumbuhan yang positif dan sehat agar tumbuh kembang anak terjaga.
3. Memohon kepada Pemerintah, untuk membangun infrastruktur umum yang layak anak agar anak-anak aman dan terhindar dari kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Mengajak Pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan edukasi dan pegawasan dalam menurunkan angka kekerasan seksual dan pergaulan bebas di Kabupaten Konawe Kepulauan.
5. Memohon kepada Pemerintah, untuk mengadakan sosialisai edukasi gizi dan anemia agar anak-anak terhindar dari stunting dan anak perempuan tidak kekurangan darah akibat anemia.
6. Memohon kepada Pemerintah, untuk mengawasi dan menghilangkan eksplotasi anak di bawah umur yang masih marak terjadi di Indonesia.
7. Mengajak Pemerintah dan Masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang ramah anak dan dapat membantu anak-anak untuk tumbuh dan bermain tanpa rasa taku
8. Memohon kepada Pemerintah, untuk membantu anak-anak yang hidup jauh dari kota/kabupaten agar mereka dapat hidup aman dan nyaman.

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *