Wow, Industri Air Mineral akan Dibangun di Konkep Tahun Ini

Keterangan Gambar : Ilustrasi

KONAWE KEPULAUAN – Lagi-lagi Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) terus menggenjot sektor ekonomi sebagai wujud realisasi visi Wawonii Bangkit.

Setelah behasil membangun industri pengelolaan kelapa terpadu, Konkep dibawah kepemimpinan Bupati Ir. H. Amrullah, MT dan Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi, SE, MM terus menggenjot sektor ekonomi untuk memperbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD). Saat ini Pemda Konkep sedang merencanakan pembangunan industri air mineral kemasan.

Konkep yang terkenal memiliki potensi sumber mata air yang banyak tentu menjadi peluang usaha tersendiri. Selain bisa menjadi spot-spot wisata, juga bisa diolah menjadi air kemasan dalam sebuah industri.

“Kalau kita melihat, Konkep ini kan kebutuhan air mineralnya hampir semua didatangkan dari Kota Kendari, baik dari kemasan botol plastik maupun kemasan gelas plastik. Kenapa kita tidak berpikir untuk menghasilkan juga air kemasan yang sumber mata airnya dari mata air Pulau Wawonii itu sendiri,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindsutrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop) Konkep, Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Salah satu sumber mata air yang telah dibawa ke Jakarta untuk dilakukan uji laboratorium, kata Sudirman, yakni mata air yang ada di Bukit Permai.

“Setelah kami uji selama satu minggu kami endapkan, itu tidak ada zat kapur. Sehingga itu menjadi salah satu sumber air yang akan kita gunakan, dan mungkin juga beberapa sumber air yang ada di wilayah Konkep, seperti yang ada di Mosolo,” katanya.

Atas potensi sumber mata air yang besar itu, lanjut Sudirman, Pemda Konkep melalui Disperindagkop mengajukan anggaran untuk pengadaan mesin pengolahan air kemasan tahun 2021 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan untuk gedung industrinya dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari APBD Konkep.

“Untuk keseluruhan anggarannya kurang lebih Rp. 2 Miliar untuk membangun perusahaan air kemasan kita. Dana ini merupakan dana sharing, jadi ada dana dari DAU dan ada juga dana dari Kementerian melalui DAK,” jelasnya.

Wow, Industri Air Mineral akan Dibangun di Konkep Tahun Ini

Sudirman juga mengatakan, di tahap awal ini industri air kemasan Konkep tersebut masih terbatas memproduksi air kemasan dalam bentuk botol sedang dan botol mini.

“Insya Allah tahun 2022 nanti, air mineral ini akan kita fungsikan untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan, ataupun juga melayani kebutuhan yang ada di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya,” harapnya.

Sistemnya nanti, tambah Sudirman, Dinas Perindagkop akan memberdayakan Bumdes-Bumdes yanga di 89 desa se Konkep, serta para pelaku usaha yang ada di desa-desa dalam rangka memasarkan produk air kemasan tersebut.

“Tentu Semua ini bisa berjalan dengan baik manakala ada kebersamaan dan dukungan dari kita semua, olehnya itu saya mengajak kita semua mari kita mendukung program Pemda Konkep dalam upaya menghadirkan industri air kemasan di Konkep,” ucapnya.

Untuk diketahui, rencananya gedung industri air kemasan mineral tersebut akan dibangun di wilayah Desa Bukit Permai Kecamatan Wawonii Barat yang berdekatan dengan industri pengolahan kelapa terpadu.

“Gedung industrinya akan dibangun di wilayah Bukit Permai berdekatan dengan gedung industri pengolahan kelapa terpadu, karena itu akan menjadi kawasan sentral industri,” terang Sudirman.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *