Webinar Nasional Unsultra Bersama Bawaslu “Demokrasi dan Pilkada Berintegritas Pada Era New Normal”

Keterangan Gambar : Rektor Unsultra Prof  Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric

Potretsultra

KENDARI –  Tahapan pesta demokrasi di Indonesia akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 mendatang, dimana dalam pelaksanaannya tahapan pemilu akan memilih Bupati dan Wakil Bupati. Untuk di Sultra ada 7 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada yaitu Kabupaten Muna, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Konawe Utara, Wakatobi dan Kabupaten Konawe Selatan.

Berkaitan dengan hal itu, Program Magister Pascsarjana Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) RI, berinisiatif melaksanakan Webinar nasional, dengan tema “Demokrasi dan Pilkada Berintegritas Pada Era New Normal”.

Webinar tersebut berlansung pada Senin, 8 Juni 2020 pukul 13.00 Wita dan menjadi narasumber dari Bawaslu RI Ombusman RI dan kalangan Akademisi.

Rektor Unsultra Prof  Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric, mengatakan sejak dibuka pendaftaran webinar sampai dengan ditutupnya, jumlah pendaftar sekitar 1.600 an dari seluruh Indonesia.

Andi Bahrun, menuturkan webinar ini dilakukan untuk menakar kebijakan penyelenggaraan dan berbagai hal terkait PILKADA 2020 serta terjadi share pemikiran dan gagasan guna mewujudkan PILKADA yang berintegritas serta demokrasi yang berkualitas.

Dikatakanya, Pilkada  ditengah pandemi Covid 19 dan Era New Normal, menjadi topik yang sangat penting untuk dibahas. Hal ini karena Pilkada merupakan perhelatan yang kerap menguras perhatian dan emosi, bahkan kerap menimbulkan perselisihan pada saat berlangsungnya tahapan maupun pasca perhelatan. Lebih dari itu  Pilkada pada era kenormalan baru pandemi Covid 19 berpotensi adannya kerawanan baru, Sehingga para penyelenggara benar – benar harus cepat menyesuaikan dengan situasi the new normal covid 19.

“Sebagai Negara demokrasi, pelaksanaan Pilkada harus terus diperbaiki kualitasnya baik itu, dari prosedur maupun aturan dan payung hukumnya. Sehingga Pilkada berlangsung dengan nyaman dan damai serta berkeadilan dan menghasilkan output yang berkualitas dan jauh dari unsur kecurangan. Lebih dari itu Pilkada yang benar- benar menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan Pilkada merupakan tanggung jawab bersama, baik penyelenggara, masyarakat, pers, maupun pihak lain.

“Mengelola Pilkada  harus didukung kompetensi keilmuan, dan disinilah peran yang harus dimasuki oleh kalangan akademisi melalui sumbangsih ide serta gagasan yang berkualitas,” tandasnya.

Webinar Nasional Pilkada 2020 turut menghadirkan pemateri Nasional yakni Eks Ketua Mahkaman Konstitusi 2013-2015 Dr Hamdan Zoelva SH MH, Komisioner Ombusman RI Dr La Ode Ida, Anggota Bawaslu RI Dr Ratna Dewi Pettalolo, SH MH.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *