Walhi Bilang, PT GKP Diduga Belum Kantongi Izin Pelabuhan Khusus di Konkep

Keterangan Gambar : Kapal Memuat Alat Berat Sedang Berlabuh di Pelabuhan Jetty Milik PT GKP di Konkep (Foto: IST)

Potretsultra

KONKEP – Pembangunan Terminal Khusus (Tersus) atau Pelabuhan Jetty milik perusahaan tambang PT Gema Kreasi Perdana (GKP) kini kembali disorot.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai angkat suara soal pelabuhan jetty milik PT GKP yang dibangun di Desa Sukarela Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) itu.

Saat ditemui di kantornya pada Kamis (22/8/2019), Direktur Eksekutif Walhi Sultra Saharuddin menilai adanya dugaan tindak pidana di dalam pembangunan pelabuhan khusus perusahan tambang PT GKP di Desa Sukarela Jaya Konkep ini. Kata dia, PT GKP diduga sudah melanggar ketentuan UU Pesisir No 27 tahun 2007 yang diubah menjadi UU No 1 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

“Itu sudah jelas itu. Aktivitas disana harus sesuai dengan ruang. Kemudian mereka (PT GKP, red) bangun pelabuhan, mana izin lingkungannya. Polisi harusnya tangkap. Tidak ada izin lingkungannya untuk pelabuhan,” ungkapnya.

Menurut Saharuddin, PT GKP saat ini hanya memiliki izin penetapan lokasi dari Kementerian Perhubungan RI. Padahal katanya, pada UU No 27 tahun 2007 itu jelas- jelas dibahas tentang ruang laut yang dalam pembangunan pelabuhan jety harus ada izin lokasi dan izin pemanfaatan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Tambah dia, hingga saat ini KKP belum pernah mengeluarkan izin lokasi dan izin pemanfaatan untuk pembangunan pelabuhan jetty milik PT GKP tersebut. “Kata kawan saya yang di Dirjen ruang laut, tidak ada izin yang masuk dari Sultra untuk pemanfaatan ruang di laut, termasuk Konkep,” katanya.

Sementara itu, saat rekan media online Anoatimes.id menghubungi Direktur Operasional PT GKP, Bambang Murtiyoso yang coba dikonfirmasi belum bisa memberikan tanggapannya.

“Besok Jumat saja ya kita ketemu di Kendari, saya masih banyak kegiatan malam ini,” singkat Bambang seperti dilansir dari Anoatimes.id

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *