Tanah Mantan Wagub Sultra Diduga Diserobot Perusahaan Properti

Keterangan Gambar : Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala. Foto: Aden

Potretsultra

KENDARI – Lahan seluas sekira 3 hektar milik mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Yusran Silondae diduga telah diserobot perusahaan properti.

Hal itu disebutkan oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala. Kata dia, pihaknya telah menerima aspirasi dari pemilik lahan yang tak kain adalah Yusran Silondae terkait dugaan penyerobotan lahan.

Lahan yang dimaksud berada di area depan Kantor Camat Kadia atau di wilayah Lorong Mbak Dukun.

Setelah berkonsultasi ke Badan Pertanahan Nasional, Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kota Kendari, kata Rizki, di lahan tersebut memang belum ada sertifikat lain selain pemilik lahan sejak Tahun 1991 sejak terbitnya sertifikat itu.

“Tetapi ada aktifitas yang terjadi di lahan itu oleh perusahaan yang rencananya akan didirikan kompleks perumahan,” paparnya, Senin (26/7/2021).

Selain itu kata politisi PKS ini, setelah dilakukan pengecekan melalui foto citra lahan dimaksud oleh BPN/ART Kota Kendari, diketahui bahwa lahan itu masih sah milik Yusran Silondae dan belum pernah ada proses jual beli lahan tersebut ke pihak lain.

“Hanya ada indikasi jika tanah yang sudah digarap ini adalah lahan disampingnya yang masih kosong,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, jika lahan mantan Wagub Sultra itu memang sudah banyak dibangunkan rumah oleh warga, namun hal itu tidak dipermasalahkan oleh Yusran Silondae.

“Memang sudah banyak rumah di lahan itu, tapi tidak dipermasalhkan oleh pemilik lahan ini. Hanya saja yang dipermasalhkan adanya aktifitas perusahaan yang diduga telah menyerobot tanahnya,” katanya.

Atas hal itu, pihaknya bakal melakukan hearing dalam waktu dekat dengan melibatkan berbagai pihak termasuk perusahaan yang dimaksud.

“Kita memang akan hearing untuk mengetahui seperti apa pokok masalah dan penyelesaiannya nanti,” pungkasnya.

Meski demikian, Rizki masih belum mau menyebut nama perusahaan dimaksud, namun pihaknya sudah mengetahui dan masihbakan memastikannya lagi.

Reporter: Aden

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *