Tahun 2020, Dinsos Mubar Keciprat Dana Kemensos Sebesar Rp 2,75 Miliar

Keterangan Gambar : Kadinsos Mubar, La Ode Takari

MUNA BARAT – Tahun ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna Barat (Mubar) keciprat bantuan dana dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonseia, sebesar Rp. 2.750.000.000.

Kadinsos Mubar, La Ode Takari mengatakan bahwa pada tahun 2020, ada beberapa program kerja yang mendapatkan bantuan dana dari Kemensos yakni bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kelompok Usaha Bersama (Kube), Sarana Lingkungan (Sarling) dan Bantuan Sarana Ibadah.

“RTLH 100 unit rumah di Kecamatan Tiworo Selatan meliputi Desa Katangana dan Kasimpa dan Kecamatan Maginti meliputi Desa Abadi Jaya dan Pajala, dengan total anggal sebesar Rp 1,5 Miliar dan anggaran satu unit rumah sebesar Rp 15 Juta,” ujar La Ode Takari, Minggu (19/01/2020).

Sambungnya, bantuan Kube dari Kementerian ini juga dialokasikan ke Kecamatan Tiworo Selatan dan Maginti dengan total anggaran sebesar Rp 1,2 Miliar.

“Bantuan Kube ini di Desa Katangana, Kasimpa, Abadi Jaya dan Pajala. Masing-masing desa 15 Kube dengan anggaran per kelompok sebesar Rp 20 Juta dari 60 bantuan Kube yang diberikan dari Kementerian,” ungkapnya.

Selain itu juga, ada bantuan terbaru dari pusat yakni Bantuan Sarana Lingkungan (Sarling) dan Bantuan Rumah Ibadah dari Dirjen Keserasian dan Kearifan Lokal Kemensos.

“Ada bantuan Sarling dari Kementerian sebesar Rp 50 Juta di Pelabuhan Pajala. Dan kami juga mendapatkan bantuan dari Kementerian khusus bantuan untuk sarana ibadah. Insya Allah, bantuan untuk sarana ibadah ini, bulan depan sudah mulai berjalan,” bebernya.

Perlu diketahui kata Takari, semua program kerja dan bantuan dana dari Kementerian ini, tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi Bupati Mubar yakni La Ode M Rajiun Tumada.

“Semua program kerja dan bantuan dana ini berkat dukungan dan partisipasi dari Bupati Mubar,” tuturnya.

“Semoga dengan program kerja dan bantuan dana dari Kementerian ini berjalan dengan baik dan sukses serta dapat membantu dan merubah taraf hidup mereka,” tutupnya.

Laporan: Sacriel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *