Surunuddin Tumbang Pilkada Konsel,Ini Faktor Kemungkinanya

Keterangan Gambar : Direktur PT Parameter Indonesia Rasmuddin (Foto:Sultan)

KENDARI-Survei Parameter Indonesia memprediksi sangat berat bagi penantang baru untuk mengimbangi kekuatan petahana Surunuddin Dangga,pada kontestasi Pilkada Konsel tahun 2020,kecuali kemungkinan tiga faktor yang dapat menerpanya.

“Ketiga faktor tersebut yakni petahana ditimpa tsunami politik,terjadi blunder politik yang dilakukan petahana,dan mobilisasi pemilih petahana yang tidak efektif di hari H pemilihan.Kemudian timbul masalah bagi petahana yang berkaitan dengan regulasi”ujar Direktur PT Parameter Indonesia Ras MD pada Konfers dengan awak media di Kendari,Selasa (2/10/2019).

Kasus tersebut kata Ras MD seperti Pilkada DKI Jakarta tahun lalu,Petahana Ahok tergeser elektabilitas ketika dihantam isu penistaan agama.Maka ketika itu pula sontak kepercayaan publik terhadap petahana terjungkal dan dimenangkan penantangnya.

“Namun sepanjang era kepemerintahan Surunuddin berjalan dengan baik apapun kekuatan penantang agak susah untuk menggoyangkan elektabilitas petahana,”katanya.

Menurut survei Parameter Indonesia terhadap lima kandidat yang dianggap berpotensi menyaingi dan menantang Surunuddin adalah Irham Kalenggo (Ketua DPRD Konsel). Irham diperhitungkan karena beberapa faktor.

“Irham Kalenggo aktif sosialisasi dari rumah ke rumah,atribut ruang publiknya yang massif, juga tingkat penerimaan publik lebih tinggi dibanding penantang yang lain,” pungkasnya.

Laporan:Sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *