Polda Sultra Diminta Segera Tetapkan Tersangka Kasus Gedung VIP RSUD Bombana

Keterangan Gambar : Polda Sultra diminta segera tetapkan tersangka kasus pembangunan RSUD Bombana. Foto: Ist.

Potretsultra

BOMBANA – Kinerja Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menangani kasus Pembangunan Ruang VIP RSUD Bombana diapresiasi.

Apresiasi dan support tersebut disampaikan oleh Badan Pemerhati Hukum dan Sosial Sulawesi Tenggara dan Presidium Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Pemerhati Pembangunan Sulawesi Tenggara.

“Kami mengapresiasi kinerja Polda Sultra dalam progress pengusutan kasus pembangunan Ruang VIP RSUD Bombana yang menaikkan status perkara dari Penyelidikan ke Penyidikan termasuk melakukan investigasi langsung ke lokasi TKP,” ujar Ketua Pengurus Badan Pemerhati Hukum dan Sosial Sulawesi Tenggara, Alfansyah, Kamis (14/9/2023).

Olehnya itu, lanjut Alfansyah, pihaknya meminta kepada Polda Sultra agar segera menetapkan tersangka terkait kasus pembangunan Gedung VIP RSUD Bombana tersebut. Ia juga meminta agar pihak-pihak terkait yang diduga terlibat dalam kasus tersebut untuk dicopot dari jabatannya.

“Kami mendesak Bupati Bombana untuk mencopot Dirut RSUD Bombana dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana sebagai pihak terkait dalam kasus ini,” ucapnya.

Potretsultra

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator Presidium Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Pemerhati Pembangunan Sulawesi Tenggara, Rizal M. Bahkan ia menegaskan, berbagai tuntutan tidak diindahkan maka akan melakukan aksi ke Mapolda Sultra.

“Jika tuntutan kami tidak diindahkan, maka kami akan melakukan aksi di Mapolda Sultra guna mempresure secara moral kepada penyidik untuk melakukan upaya hukum secara obyektif,” tegas Rizal.

Lanjut Rizal, pihaknya juga mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra atau unsur APIP untuk segera melakukan audit investigatif untuk menghitung angka pasti kerugian negara terkait kasus ini.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara, Gusti Pasaru mengungkapkan, saat ini pihaknya bersama Polda Sultra sedang berada di Bombana untuk melakukan pemeriksaan terkait pembangunan rumah sakit.

“Kami koordinasikan terus dengan Polda, kebetulan sekarang kami dengan Polda melakukan pemeriksaan di Bombana dengan KPK terkait pembangunan rumah sakit di sana,” ucapnya.

Untuk diketahui, gedung VIP RSUD Bombana ini dibangun di masa pemerintahan H. Tafdil sebagai Bupati Bombana, baik KPA, PPK, PPTK, Konsultan, maupun Pengawas kegiatannya.

Tim Redaksi

Potretsultra Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *