Pj Bupati Buton Cek Kehadiran Honorer dan Dialog Langsung untuk Dengar Keluhan

Keterangan Gambar : Pj Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si Saat Berdialog Langsung dengan Tenaga Non ASN Lingkup Pemkab Buton (Sumber: Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton)

Potretsultra

BUTON – Untuk mengecek kehadiran tenaga non ASN atau honorer sekaligus berdialog langsung, Pj Bupati Buton Drs. Basiran, M.Si menggelar Apel Akbar, Jumat (7/7/2023) di Alun-alun Takawa.

Apel Akbar lingkup Pemerintah Kabupaten Buton ini diikuti oleh semua tenaga non ASN penerima gaji atau honorer di semua OPD, UPTD, sekolah yang bersumber dari APBD Kabupaten Buton.

“Saya memimpin Apel Akbar ini untuk mengecek keberadaan seluruh Non ASN yang bertugas di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton baik itu mengecek jumlah, kehadiran serta kedisiplinan Non ASN yang menerima gaji atau honor,” ucap Pj. Bupati Buton seperti dilansir dari akun resmi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton.

Kata Basiran, tujuan dari Apel Akbar ini tidak lain hanya mengetahui jumlah Non ASN yang akan disesuaikan anggaran dalam APBD untuk membiayai Non ASN. Sehingga jumlah Non ASN bisa disesuaikan dengan anggaran yang ada.

01 Kabupaten Buton itu mengharapkan aparatur sipil negara yang bertugas di Buton, baik PNS maupun PPPK berperan aktif. Jangan sampai mereka hanya datang di kantor dan kebanyakan Non ASN yang banyak bekerja sedangkan gaji yang diterima Non ASN itu sangat kecil.

“Boleh saya katakan itu gaji Non ASN itu sangat kecil dan tidak layak. Oleh karena itu kita harus tentukan jumlahnya dan jika jumlahnya yang terlalu banyak dan selalu tidak masuk kantor, sementara ada Non ASN yang sudah tanam kepalanya dari pagi sampai sore gajinya sama dengan orang yang titip nama saja. Untuk itu lebih baik kita kurangi sehingga kita naikkan gaji yang rajin,” katanya.

Potretsultra

Pj. Bupati Buton mengatakan salah satu tugas dalam penilaian kinerja Penjabat Bupati atau penjabat Kepala Daerah adalah penataan birokrasi khususnya Non ASN. Kebijakan negara untuk tenaga Non ASN masih menunggu ketetapan final dari pusat. Tetapi jika tidak ada Non ASN, penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa berjalan dengan baik. Karena peranan Non ASN sangat luar biasa bahkan lebih pandai mereka dari pada PNS yang sudah lama, karena sudah lama melakoni pekerjaan tersebut sampai ada yang 20 tahun jadi honorer.

“Dan tentu saudara-saudara telah memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Buton dengan penuh keikhlasan, penuh dengan ketulusan dengan gaji yang pas-pasan,” kata Pj. Bupati yang disambut gemuruh tepuk tangan para Non ASN.

“Saya harapkan Pak Sekda, para Asisten dan para OPD, Camat, Lurah, para kepala UPTD, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah kiranya dapat memperhatikan saudara-saudara kita Non ASN di lingkup kerja masing-masing. Jangan sampai hanya kita gunakan tenaganya tetapi kesejahteraannya kita tidak perhatikan,” pungkas Pj. Bupati Buton.

PJ. Bupati Buton usai memberikan sambutan langsung menemui Non ASN di barisannya masing-masing, sambil mengecek dan memastikan kehadiran non ASN tersebut. Dan mendengarkan keluhan mereka. Dan antusiasme para Non ASN menyampaikan keluhannya kepada Pj Bupati Buton diterima dan dijawab dengan penuh keakraban seperti antara anak dengan orang tua, bahkan banyak peserta Apel meminta Selfi dengan Pj Bupati Buton.

Laporan: Akbar

Potretsultra Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *