Menteri LHK Dalami Keluarnya IUP di Pulau Wawonii

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Foto: IST)

JAKARTA – Setelah cuitan Wakil Ketua KPK La Ode Muhammad Syarif soal Izin Usaha Pertambangan (IUP) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan di Pulau Kabaena di akun Twitternya, kini giliran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya yang ikut berkomentar.

Menteri LHK, Siti Nurbaya malah berkomentar pedas soal IUP di Konkep. Dirinya mengaku IUP di Bumi Kelapa itu belum mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Saat ini, kata Siti Nurbaya, pihaknya sedang mendalami perizinan IUP di Konkep tersebut.

“Sedang diteliti, karena IUP (di Konkep, red) bukan ijin dari KLHK,” tulis @SitiNurbayaLHK, Senin (18/3/2019).

Dalam komentarnya, Siti Nurbaya juga mengatakan pihaknya meminta Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menelusuri lebih dalam soal IUP yang kini sedang diperjuangkan oleh warga Wawonii itu untuk dicabut. Dirjen Planologi diminta untuk mendalami IUP itu apakah berada di kawasan hutan atau tidak.

“Sedang minta ke dirjen Planologi apakah ijin itu di kawasan hutan,” tambahnya.

Politisi Partai Nasdem itu juga mengatakan, polemik IUP Konkep yang rencananya bakal dicabut 5 hari lagi sesuai janji Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas itu bakal menjadi perhatian serius oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Tksh informasi, jadi perhatian kami,” katanya.

Komentar Menteri LHK Siti Nurbaya ini merupakan jawaban atas cuitan Wakil Ketua KPK La Ode Muhammad Syarif yang menerangkan bahwa pengeluaran IUP di Pulau Wawonii dan Pulau Kabaena tidak saja bertentangan dengan UU tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, namun juga menjadi kejahatan lingkungan dan kemanusiaan.

“Pengeluaran IUP di P Wawoni Kab KonKep & P Kabaena Kab Bombana SULTRA yg hampir meliputi seluruh Pulau, tdk saja bertentangan dgn UU PWPPPK (UU No 27/2007) tp juga kejahatan Lingkungan & Kemanusiaan,” tulis @LaodeMSyarif di akun twitternya, Minggu (17/3/2019).

Mendapat balasan Menteri LHK Siti Nurbaya atas cuitannya di Twitter, La Ode Muhammad Syarif dengan singkat mengucapkan terima kasih kepada Siti Nurbaya atas jawabannya.

“Terima kasih bu,” ucapnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *