Mekarkan Kepton, Pemprov Sultra Disarankan Anggaran 2020 Prioritas ke Wilayah Kepton

Keterangan Gambar : Ketua Forum Komunikasi Pemuda Buton, Muhammad Risman (IST)

BUTON – Ketua Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Buton, Muhammad Risman menanggapi soal upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton).

Menurut Risman, jika ingin Pemprov Sultra menginginkan Kepton mekar maka tahun 2020 harus diprioritaskan anggaran pembangunan di wilayah Kepton. Jika itu tidak nampak, maka Risman menilai wacana pemekaran Kepton hanya akan bertepuk sebelah tangan.

“Jika itu tidak nampak dan tidak diwujudkan dalam bentuk komitmen pada penganggaran 2020 maka wacana itu hanya bertepuk sebelah tangah, semangat tetapi tidak didukung dengan bentuk arah pembangunan Pemprov sultra tahun 2020,” ujar Risman, Sabtu (7/12/2019).

Jika pun telah dianggarkan pembangunan wilayah Kepulauan Buton tahun 2020, Risman mempertanyakan apa prioritas yang dibangun dan berapa total anggaran yang diprioritskan itu.

Diketahui saat ini Pemprov Sultra yang dinahkodai Ali Mazi ini sedang membangun akses jalan penghubung Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan.

“Misalkan jalan penghubung Buton dan Buton Selatan, yang katanya sudah dianggarkan tetapi apakah itu sudah bentuk pengerasan kembali atau langsung diaspal dengan baik dan apakah itu tuntas 2020,” tanya Risman.

Kata Risman, hal itu meruakan salah satu faktor dukungan Pemprov terkait persiapan Kepton. “Makanya harus serius, jika tidak, sebaiknya jangan diwacanakan karena itu akan menambah luka hati masyarakat mengenai penantian pembentukan Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepton,” ucapnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *