Maksimalkan Perikanan dan Kelautan, Gubernur Belajar di Amerika

Keterangan Gambar : Ketgam:Gubernur menyampaikan presentasi pada Diskusi Roundtable di depan Lembaga-Lembaga Donor International, di Washington.(Foto:Ist)

KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara terus melakukan upaya dini untuk mensejahterakan masyarakat dari berbagai sektor utamanya sektor Perikanan maupun Kelautan, yang sekarang untuk menumbuhkan sektor tersebut langsung mengunjungi negara Amerika serikat penghasil ikan terkaya di dunia.

“Saya berbahagia bisa hadir disini memenuhi undangan dari Rare.Tujuan utama perjalanan kami yang panjang di Amerika Serikat ini memang untuk memenuhi undangan Rare. Memang agar efisien kita satukan dengan kunjungan ke New York, Boston, dan Rhode Island,” ujarnya.

Kunjungan ini tentu bukan untuk sekedar jalan-jalan tapi untuk membantu kami pemerintah di Provinsi Sulawesi Tenggara untuk belajar dari Amerika Serikat, New York, Boston, dan Rhode Island khususnya wilayah yang kaya ikan.

“Kami ingin belajar tentang perpustakaan dan layanan public tentang informasi dari kunjungan di beberapa perguruan tinggi di Boston dan juga secara khusus di Universitas Rhode Island. Dalam rombongan kami ada dosen yang lulusan URI,” katanya.

Dengan Rare di Washington DC ini, pihaknya ingin mempererat hubungan kerja yang ama baik selama ini. “Kami senang bermitra dengan Rare karena kami sama-sama memiliki kesaman visi tentang menyejahterakan masyarakat nelayan kecil, tentang membangun perokonomian yang bertumpu pada kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan,” sambungnya.

Lanjut Ali Mazi Ini juga sejalan dengan rencana pembangunan nasional yang diarahkan Bappenas untuk senantiasa bertumpu pada SDG 14.Bersama Rare pemprov bisa memastikan bahwa RZWP3K Provinsi Sultra menjadi yang pertama yang memberi ruang 0-2 mil bagi nelayan kecil, bersama Rare kami membentuk Forum Pengelolaan Perikanan Skala Kecil, dan untuk itu Pergub tentang Pengelolaan Akses Area Perikanan atau PAAP ditanda tangani minggu lalu.

Dikatakanya, kehadiranya di sini selain silahturahmi siang ini juga akan hadir di diskusi tentang Mobilizing Capital for Oceans, besok di mana kami berharap bisa memaparkan visi Sultra pada audiens yang lebih luas sehingga cita-cita kami bisa didengar lebih banyak orang.

“Dalam berbagi pembicaraan dengan Rare dan Bappenas kita semua memahami bahwa untuk membangun perikanan berkelanjutan dan konservasi kelautan di Provinsi kami, perlu banyak investasi,” urainya.

Politis Nasdem ini berharap diskusi hari ini dan besok bisa membantu semua untuk sama sama memajukan nelayan kecil dan sector kelautan di Sultra.

Laporan: Ismed

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *