Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Ali Mazi Larang Gelar Pesta Perkawinan dan Demonstrasi

Keterangan Gambar : Gubernus Sulawesi Tenggara, Ali Mazi SH (Foto: IST)

KENDARI – Meningkatnya jumlah warga Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19 yang merambah ke klaster perkantoran, keluarga, dan tenaga kesehatan, membuat Gubernur Sultra Ali Mazi mengeluarkan himbaun.

Himbauan ini resmi dikeluarkan pada tanggal 21 September 2020 di Kendari dengan nomor 443/4724 tentang  peningkatan pelaksanaan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Virus Corona. Himbauan Gubernur Sultra tersebut dengan memperhatikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, Maklumat Kapolri dengan nomor Mak/3/IX/2020, dan Peraturan Gubernur (Pergub) Sultra nomor 29.

Isi himbauan tersebut antara lain, mematuhi semua ketentuan terkait dengan pelaksanaak protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain yaitu menggunakan masker yang menutup hidung, mulut dan dagu, sering mencuci tangan menggunakan sabun menjaga jarak, dan mencegah kerumunan.

Selain itu, dalam himbauan tersebut juga Ali Mazi menghimbau dilarang melakukan kerumunan dalam bentuk pertemuan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak yaitu pesta perkawinan, arisan, reuni, dan acara sosial kemasyarakata lainnya yang sejenis mengakibatkan berkumpulnya banyak orang, termasuk dilarang melakukan kegiatan demosntrasi.

Bagi yang melanggar ketentuan sebagaimana tersebut pada poin 1 dan 2 akan dilakukan tindakan hukum oleh aparat penegak hukum dan aparat pemerintahan berwenang lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Himbauan tersebut ditembuskan ke Mendagri, Menkes RI, Kapolri, Kepala BNPB, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Provinsi Sultra, Kepala BIN Daerah Provinsi Sultra, Bupati/Wali Kota se Sultra.

Laporan: Man

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *