Kadis Kominfo: 4 Desa di Konkep Bakal Nikmati Internet Gratis

Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Kadis Kominfo dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan (Foto: IST)

Potretsultra

KONKEP – Akses internet tentu sangat bermanfaat besar bagi masyarakat. Hal ini lah yang mendasari empat desa di Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menghadirkan wifi gratis di desa.

Empat desa itu yakni Desa Mata Iwoi, Desa Waworope, Desa Dongkalaea, dan Desa Labeau. Keempat desa itu kini mendesain pembangunan wifi desa untuk akses internet. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Konkep, Jamhur Umirlan.

Menurut Jamhur Umirlan, pembangunan wifi desa ini bakal menjadi pilot project yang merupakan kerja sama antara Dinas Kominfo dan Persandian dengan desa-desa di Konkep. Untuk sementara, baru empat desa di Kecamatan Wawonii Utara yang menginisiasi pembangunan jaringan internet desa.

“Sekarang baru empat desa di Konkep untuk menjadi percontohan awal bagi desa-desa lain,” ujar Jamhur kepada Potretsultra.com, Kamis (30/5/2019).

Jadi, lanjut Jamhur, konsep kerjasamanya itu pihak pemerintah desa yang membangun infrastruktur jaringannya sedangkan pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo dan Persandian Konkep yang menyediakan Bandwidth atau pulsanya. Sekarang baru Desa Mata Iwoi yang sudah On Air, sedangkan tiga desa lainnya akan digarap pasca lebaran Idul Fitri ini.

“Konsepnya itu pemerintah desa melalui APBDes untuk anggarkan fisik jaringannya, sedangkan pemerintah daerah melalui APBD yang menganggarkan Bandwidth nya,” jelasnya.

Mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep ini juga menerangkan, sasaran dari pembangunan wifi untuk akses internet di desa ini untuk menunjang masyarkat desa dalam mengakses informasi di media sosial maupun media massa. Selain itu, karena di desa akan ada Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) sehingga untuk menunjang implementasi itu harus dibangun wifi di desa.

“Sasarannya nanti karena di desa akan ada Siskeudes dan website desa, maka untuk menunjang implementasi itu salah satunya perlu ada ketersedian jaringan internet agar bisa online,” terangnya.

Untuk sementara, kata Jamhur, baru tiga kecamatan di Konkep yang dibangun jaringan induk internet. Sehingga hanya di tiga kecamatan itu saja dulu yang bisa mengadakan wifi desa, yakni Kecamatan Wawonii Utara, Wawonii Tengah, dan Wawonii Selatan. Untuk Kecamatan yang lain seperti Wawonii Tenggara, Wawonii Timur, dan Wawonii Timur Laut ditargetkan juga akan didirikan jaringan internet induk sebelum periode Amrullah Andi Luthfi sebagai bupati dan wakil bupati Konkep berakhir.

“Kami targetnya semua kecamatan nanti akan dibangun jaringan internet induk, sehingga semua desa bisa mengakses internet melalui wifi desa,” katanya.

“Makanya diharapkan desa-desa di wilayah Wawonii Utara, Wawonii Tengah, dan Wawonii Selatan agar melakukan hal yang serupa yang dilakukan oleh Desa Mata Iwoi, Desa Waworope, Desa Dongkalaea, dan Desa Labeau yang sudah anggarkan untuk dibangun wifi desanya,” sambungnya.

Jamhur juga menuturkan, saat ini telah ada beberapa desa di Kecamatan Wawonii Utara yang juga sudah merencanakan untuk menganggarkan pembangunan wifi desa melalui Dana Desa pada tahun 2020 nanti. Desa-desa itu diantaranya, Desa Sawa Indah, Desa Tapumbatu, dan Desa Tomba One.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *