Jembatan Roboh Sebelum Diresmikan, Kontraktor Pelaksana Pelabuhan Munse Dilaporkan ke KPK RI

Keterangan Gambar : Hipma Konkep-Jakarta Saat Menggelar Aksi di Depan Gedung KPK RI

Potretsultra

JAKARTA – Belum sempat diresmikan, jembatan di Pelabuhan Munse Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) roboh beberapa waktu lalu.

Tiba-tiba saja beberapa struktur dari jembatan retak dan mengalami kerusakan yang cukup parah akibat diterjang ombak Laut Banda yang gelombangnya relatif cukup besar.

Pelabuhan Munse ini dibanguan dua tahap dari tahun 2022 sampai tahun 2023 dengan menelan anggaran kurang lebih Rp 46 Miliar menggunakan APBN. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Rudy Jaya.

Atas robohnya beberapa struktur jembatan Pelabuhan Munse tersebut, Himpunan Mahasiswa Konawe Kepulauan Sultra-Jakarta (Hipma Konkep-Jakarta) ikut menyoroti pembangunan jembatan itu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Hipma Konkep-Jakarta, Jabal Nur. Pihaknya menduga adanya ketidaksesuaian Rencana Kerja Anggaran Biaya (RAB), spesifikasi dan standar mutu pekerjaan.

Potretsultra

Tak hanya itu, lanjut Jabal Nur, Hipma Konkep-Jakkarta juga menduga ada kongkalikong antara pihak PPK serta rekan kontraktor dalam pembangunan Pelabuhan Munse yang menyebabkan roboh beberapa stuktur jembatan sebelum diresmikan.

“Dalam kasus pembangunan Jembatan Munse, kami menduga adanya kerjasama tindakan korup yang masif dan terstruktur, antara Pejabat pembuat komitmen dan perusahaan pemenang tender atau kontraktor,” ujar Jabal Nur kepada Potretsultra.com, Minggu (2/6/2024).

Karena kata Jabal, dari data yang dihimpun pihaknya, ditemukan ada ketidaksesuaian RAB dan hasil di lapangan.

“Bagaimana bisa anggaran yang begitu banyaknya di gunakan untuk pembangunan jembatan Munse, bisa roboh? Ini yang menjadi pertanyaan,” tegasnya.

Terkait hal itu, kata Jabal Nur, pihaknya telah melaporkan dugaan ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk turun tangan mengambil alih kasus tersebut.

“Kami telah melaporkan ke KPK RI untuk kemudian memeriksa PPK serta Kontraktor pembangunan jembatan munse di konkep,” ucapnya.

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *