Jelang Pilkada, KIPP Konkep Lakukan Tahapan Pemantauan

Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 23 September 2020 mendatang, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melakukan tahapan persiapan dalam pemantauan terhadap pelanggaran-pelanggaran Pilkada mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua KIPP Konkep, Hamka. Dia menjelaskan bahwa persiapan yang akan dilakukan KIPP Konkep dalam Pilkada nanti yakni ada beberapa langkah.

Pertama, kata Hamka, KIPP akan mendaftar ke KPU Konkep agar memiliki legalitas dalam memantau. Kedua, KIPP akan membentuk beberapa posko pengaduan di setiap kecamatan sehingga masyarakat dapat dengan mudah berkoordinasi sekaligus menyampaikan ketika menemukan pelanggaran nanti.

“KIPP Konkep akan langsung menyampaikan kepada Bawaslu Konkep yang memiliki hak eksekutor,” ujar Hamka kepada Potretsultra.com, Jumat (13/12/2019).

Ketiga, tambah Hamka, yakni akan melakukan perekrutan relawan pemantau yang akan ditempatkan pada setiap TPS. Lalu KIPP Konkep akan melakukan Traner Of Traing (TOT) pada relawan pemantau agar memiliki pengetahuan saat melakukan aktivitas pemantauan.

“Kami akan intens melakukan sosialisasi sehingga masyarakat turut andil melakukan pengawasan”, jelasnya.

Selain itu menurut Hamka, tiap Pilkada rentan adanya pelanggaran-pelanggaran Pemilu. Misalnya merujuk pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada 2017. Banyak yang menjadi pelanggaran seperti tindak pidana, pelanggaran administrasi, dan lain-lain.

“Misalnya ketidaknetralan penyelanggara, penyalahgunaan wewenang petahana, praktik money politik, intimidasi terhadap penyelenggara, dan sebagainya,” terangnya.

Ia menambahkan, bahkan wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) ada 7 Kabupaten/kota yang masuk dalam kategori IKP.

“Yaitu Kota Kendari, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna Barat, Kolaka Utara dan Bombana,” tutupnya.

Laporan: Erik

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *