Dikbud Konkep Bakal Bangun Laboratorium Komputer di 15 SD Tahun Depan

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Dikdas Dikbud Konkep, Umaryadi

KONAWE KEPULAUAN – Dalam menghadapi tantangan era Industri 4.0, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal membangun laboratorium komputer di sejumlah Sekolah Dasar (SD).

Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi mengungkapan, untuk mengikuti perkembangan zaman pihaknya bakal membangun laboratorium komputer di 15 SD yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan se Konkep.

“Kita merencanakan tahun 2021 nanti akan dibangun laboratorium komputer di 15 satuan pendidikan jenjang SD,” ungkap Umaryadi saat ditemui di ruangannya, Rabu (15/7/2020).

Tahun ini, lanjut Umaryadi, ada 5 unit sekolah yang tinggal menunggu respon realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat melalui Dana Bagi Hasil (DBH) untuk fasilitas dan kelengkapan laboratorium komputer yang bakal dibangun tersebut.

“Jadi tahun ini ada 5 SD yang akan mendapatkan bantuan lebih dulu untuk kelengkapan laboratorium komputer melalui dana transfer DBH Pemerintah Pusat,” jelasnya.

“Sedangkan 10 SD lainnya, kelengkapan dan fasilitas laboratorium komputernya akan dianggarkan tahun 2020 nanti,” sambungnya.

Umaryadi menilai, keberadaan laboratorium komputer sangat dibutuhkan dalam mengikuti perkembangan zaman yang serba tekhnologi ini. Menurutnya, mulai saat ini seharusnya siswa di jenjang SD dan SMP sudah diperkenalkan dengan pembelajaran yang berbasis tekhnologi.

“Sudah saatnya siswa-siswa kita di jenjang SD dan SMP diperkenalkan pembelajaran yang berbasis komputer,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *