Dana Pilkada Konkep Direstui Rp 23,6 Miliar

Keterangan Gambar : Bupati Konkep Amrullah Saat Menandatangani NHPD Didampingi Komsioner KPU Konkep dan Ketua KPU Sultra (Foto: Redaksi)

KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bersama KPU Konkep resmi membubuhkan tandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Konkep tahun 2020. Begitu juga dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konkep turut serta membubuhkan tandatangan naskah hibah.

Atas terselenggaranya NPHD ini, Konkep merupakan satu-satunya kabupaten yang terlebih dahulu menyetujui anggaran pelaksanaan tahapan Pilkada dari 7 kabupaten di Sultra. Untuk anggaran KPU Konkep senilai Rp 23,6 Miliar lebih dan Bawaslu Rp 7,6 Miliar lebih.

Penandatanganan ini berlangsung disalah satu hotel di kota Kendari, Senin (30/9/2019). Disaksikan KPU Sultra, Bawaslu Sultra dan unsur pimpinan OPD Konkep.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengatakan, NPHD ini merupakan bentuk dukungan Pemda Konkep guna mewujudkan proses Pilkada yang lebih baik. Sementara ketua Bawaslu Konkep, Muh Tawil menjelaskan, Bawaslu bertugas melakukan pengawasan penyelenggara dan calon bupati. Harapannya proses tahapan Pilkada bisa berjalan sukses.

Ketua KPU Sultra, Abdul Nasir Mutalib mengapresiasi atas kerja sama yang baik antara KPU dan Bawaslu Kabupaten Konkep bersama pemerintah setempat. Ini merupakan bentuk komitmen yang kuat dan sinergitas yang harus selalu terjaga.

“Dari 7 kabupaten yang akan melaksanakan tahapan Pilkada, Konkep merupakan satu-satunya yang sudah melaksanakan penandatanaganan NPHD. Perlu diketahui NPHD ini merupakan kesungguhan untuk mewujudkan proses tahapan pilkada,” kata Abdul Nasir.

Abdul Nasir mengatakan, tahapan Pilkada telah dimulai sejak launching pada tanggal 23 September 2019 secara serentak di Jakarta. Penyaluran suara juga akan dimulai pada tanggal 23 September 2020.

“Masa kampanye hanya berlangsung 71 hari dimulai 11 Juli 2020 sampai 19 September 2020,” jelasnya.

Bupati Konkep, Amrullah mengungkapkan rasa syukurnya atas kerjasama yang baik antara KPU dan Bawaslu yang begitu gesit melakukan proses pembahasan anggaran hingga NPHD resmi disepakati bersama.

“Melalui proses penandatanganan ini dapat melancarkan semua proses Pilkada hingga melahirkan pemimpin yang diamanahi rakyat,” kata Amrullah.

Laporan: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *