Daftar PPK, Ratusan Pelamar ‘Serbu’ Kantor KPU Konkep

Keterangan Gambar : Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Bahrun

KONAWE KEPULAUAN – Ratusan pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ‘serbu’ Kantor KPU Konawe Kepulauan (Konkep) untuk melakukan pendaftaran.

Tidak sedikit, angka pelamar calon penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat kecamatan atau PPK itu mencapai 136 pendaftar. Jumlah ini tersebar dari 7 kecamatan se Konawe Kepulauan yang terdiri atas 113 pelamar berjenis kelamin laki-laki dan 23 pelamar berjenis kelamin perempuan. Hal ini dikatakan oleh Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Bahrun.

“Alhamdulillah tadi malam pada Pukul 24.00 Wita tanggal 24 Januari 2020 pelamar mencapai 136 orang,” ujar Bahrun saat ditemui di ruangannya, Sabtu (25/1/2020).

Menurut Bahrun, jumlah calon PPK yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU Konkep pada Pilkada tahun 2020 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pelamar PPK pada Pilkada tahun 2015 lalu. Ia menilai, turunnya angka pelamar pada tahun ini dikarenkan banyak warga yang hendak mendaftar namun terdapat di aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Jumlah pelamar tahun ini menurun dari sebelumnya, mungkin diakibatkan karena banyak orang sudah masuk di Sipol, dan itu mereka sudah tau sehingga mengurungkan niatnya ikut tes PPK,” jelasnya.

Rencananya, lanjut Bahrun, hasil seleksi administrasi calon PPK ini bakal diumumkan pada 28 Januari hingga 29 Januari 2020. Usai itu akan digelar tes tertulis pada 30 Januari 2020. “Tesnya dilakukan manual, bukan tes CAT dan selesai tes langsung dilakukan pemeriksaan oleh para komisioner KPU,” ucapnya.

Mantan Pengurus HMI Cabang Kendari ini juga menambahkan, untuk hasil seleksi tes tertulis rencananya akan diumumkan pada 31 Januari 2020 hingga 2 Februari 2020.

“Nanti yang diumumkan itu hanya yang masuk 10 besar tiap kecamatan, kemudian dilanjutkan ke tes wawancara pada selama 3 hari yakni pada 8 Februari sampai 10 Februari 2020,” terangnya.

“Saya berharap kepada para calon PPK ini untuk belajar tentang integritas, karena orang yang berintegritas itu selama melaksanakan tahapan tentu akan baik kinerjanya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berikut jumlah calon PPK tiap kecamatan se Konkep yang mendaftar ke KPU.

Kecamatan Wawonii Barat = 18 orang
Kecamatan Wawonii Tengah = 25 orang
Kecamatan Wawonii Selatan = 12 orang
Kecamatan Wawonii Tenggara = 19 orang
Kecamatan Wawonii Timur = 24 orang
Kecamatan Wawonii Timur Laut = 20 orang
Kecamatan Wawonii Utara = 18 orang

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *