Target Jadi Pemenang Lomba, Warga Sinaulu Jaya ‘Percantik’ Desa

Keterangan Gambar : Tampak Kesiapan Desa Sinaulu Jaya dalam Menghadapi Lomba Desa

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara tidak seperti di hari-hari biasanya. Pada Hari Jumat (21/5/2021), nampak desa tersebut telah siap merebut juara di ajang lomba desa tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Dalam pantauan Media Potretsultra.com, Sinaulu Jaya dipoles agar terlihat menarik dan indah dipandang. Di sepanjang jalan dihiasi umbul-umbul dan pagar-pagar depan rumah dicat indah sehingga tampak terlihat rapi. Seluruh warga turut aktif untuk ikut serta berpartisipasi dalam ajang lomba tersebut.

Saat ditemui di sela-sela lomba, Kepala Desa Sinaulu Jaya, La Barimu mengungkapkan bahwa desanya telah bersiap diri untuk tampil sebagai pemenang lomba. Kata dia, ajang lomba desa ini menjadi motivasi tersendiri dalam meningkatkan partisipasi masyarakat desa.

“Lomba desa ini dapat memotivasi kami untuk terus memacu diri, melakukan pembenahan-pembenahan di desa, dan ini juga dapat berperan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa,” ungkap La Barimu.

Potretsultra

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep, Zakaria Rasjid menjelaskan, dalam lomba desa ini bidang yang akan dinilai yaitu sektor kelembagaan, pemerintahan, dan pembangunan. Poin-poin yang akan menjadi indikator yakni ekonomi, sosial, pendidikan, ekologi, dan sarana prasarana yang menunjang peningkatan ekonomi desa.

“Jadi setelah ini kami akan rapat untuk menentukan desa mana yang memiliki skor tertinggi berdasarkan beberapa indikator penilaian,” jelas Zakaria.

Melalui lomba desa ini, Zakaria berharap, desa-desa di Konkep dapat meningkatkan status kategorinya yang sebelumnya berstatus tertinggal menjadi status berkembang. Saat ini baru 15 desa yang dinyatakan berkembang, sedangkan 74 desa lainnya masih berstatus tertinggal. Meski begitu, sudah tidak ada lagi desa yang masih berstatus sangat tertinggal.

“Kita berharap bagaimana mendorong agar jumlah desa-desa berkembang dapat meningkat, dan jumlah desa-desa tertinggal dapat berkurang,” harapnya.

Laporan: Jubirman

 

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *