Bank BRI Samratulangi Diduga PHK Karyawan Tanpa Sebab, Begini Penjelasannya

Keterangan Gambar : Suasana RDP Komisi I DPRD Kendari. Foto: Aden

Potretsultra

POTRETSULTRA.COM – Bank BRI Samratulangi Cabang Kendari diduga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak terhadap karyawannya.

Atas hal itu, pihak BRI Samratulangi bersama beberapa pihak lainnya dihearing Komisi I DPRD Kendari.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kendari, Rizki Brilian Pagala, kasus yang menimpa karyawan bernama Enjelita itu masih mengambang. Pasalnya korban sendiri seyogyanya bekerja di perusahaan asuransi Brins yang memakai gedung Bank BRI Samratulangi.

Selain itu, Enjelita sendiri bekerja di Brins melalui penerima jasa ketenagakerjaan bernama PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PT PKSS).

Berdasarkan hasil hearing kata Rizki, diakui ada perjanjian antara PT PKSS terkait tenaga kerja untuk disalurkan ke Brins.

“Nah, ada memang kekeliruan disini. Kontrak kerjanya berada di PT PKSS, tapi ini tenaga kerjanya bekerja di perusahaan asuransi. Ini yang akan kita perjelas, kita akan kaji lagi,” kata dia usai hearing di DPRD Kendari, Senin (16/3/2021).

Politisi PKS itu menerangkan, tak ada hubungan antara Bank BRI dan Brins, karena Brins sendiri merupakan perusahaan asuransi swasta yang meminjam tempat di BRI Samratulangi.

“Jadi Si korban ini memang bekerja sebagai tenaga kerja kontrak di Brins. PT PKSS itulah yang menyediakan tenaga kerjanya,” jelasnya.

Namun jelasnya, hingga kini status korban belum jelas apakah ia telah dikeluarkan atau belum di perusahaan tersebut, karena belum ada surat resmi yang menyatakan jika ia telah di PHK.

“Jadi sampai sekarang belum ada kesimpulan bahwa karyawan ini di PHK, atau seperti apa. Yang pasti kita masih akan tindak lanjuti itu sampai clear,” terangnya.

Sementara itu, keluarga korban, Veni menerangkan, jika karyawan dimaksud tiba-tiba saja dihubungi pihak perusahaan dan dipecat melalui telepon tanpa ada alasan yang jelas.

Ia juga mengaku, korban sendiri sudah bekerja sudah menjelang tiga bulan dan kabar pahit itu pun datang dengan PHK sepihak.

“Ini kan memang belum jelas, harusnya kan kalau ada pemberhentian pastinya ada dulu pemberitahuan atau seperti apa. Tapi ini tidak ada, bahkan alasannya juga tidak ditahu seperti apa,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, jika yang memberhentikan karyawan dimaksud diduga dari pihak Bank BRI Samratulangi.

“Tapi ini seolah-olah yang keluarkan itu pihak PT PKSS, tapi kami duga yang keluarkan karyawan itu dari pihak Bank BRI,” paparnya.

Sedangkan, Wakil Pimpinan Cabang Bank BARI Samratulangi, Fais, tidak banyak bicara persoalan dimaksud. Ia hanya menerangkan kasus itu bukan bagian dari Bank BRI.

“Mungkin ini lebih ke teman-teman PKSS saja, soalnya ini bukan dari BRI hanya kebetulan di kantornya BRI saja,” ucapnya sambil meninggalkan wartawan.

Liputan: Aden

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *