3.196 Warga Konkep Keciprat Bantuan Beras, Amrullah: Harus Tepat Sasaran

Keterangan Gambar : Bupati Konkep, It. H. Amrullah, MT Saat Salurkan Bantuan Beras ke Penerima Manfaat

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) telah melaunching Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah bekerja sama dengan Perum Bulog Sulawesi Tenggara yang berlangsung di Pelataran TPI Langara, Senin (05/02/2024).

Kegiatan Launching tersebut dibuka langsung oleh Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD Konkep dan seluruh Pimpinan Forpimda Konkep, OPD dan masyarakat yang mendapatkan undangan penyaluran bantuan pangan ini secara simbolis

Dalam sambutannya, Bupati Konkep H. Amrullah mengungkapkan, pada program bantuan pangan cadangan beras pemerintah melalui badan pangan nasional (BPN) ini Konkep mendapatkan kuota sebanyak 31,96 ton dengan jumlah penerima sebanyak 3.196 Kepala Keluarga (KK).

“Insyaallah Allah bantuan ini cukup besar, kalau dilihat dari jumlah penduduk Konkep dihitung setiap KK sekitar sepertiganya yang akan mendapatkan bantuan ini,” ujar Amrullah.

Bupati dia periode ini juga mengatakan, bantuan ini tersebar di 7 Kecamatan dan menyasar 96 desa/kelurahan di Konkep. Adapun bantuan pangan yang diberikan kepada masing-masing sebesar 10 Kg tiap bulannya.

“Saya berharap adanya bantuan ini dapat dipedomani dan dalam pelaksanaan penyalurannya dilaksanakan serta dikawal dengan baik agar tepat sasaran sesuai data yang telah ditetapkan by name by address,” ucapnya.

Lebih lanjut, Amrullah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi kepada Perum Bulog, Kantor Pos dan Dinas Ketahanan Pangan serta seluruh stakeholder yang telah berkerja secara maksimal yang memfasilitasi seluruh pendampingan dan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Kabupaten Konkep tahun 2024.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk setiap perubahan yang kita tempuh oleh daerah Konawe Kepulauan yang kita cintai ini sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mewujudkan Wawonii bangkit dan masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Di tempat yang sama Sambutan dari Asisten Manager Pelayanan Publik Bulog Kanwil Sultra Sulaman, SE mengatakan bahwa tujuan pemberian bantuan ini yaitu mengurangi beban bagi masyarakat penerima bantuan pangan sekaligus upaya dalam rangka mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, penanggulangan kekurangan pangan dan gizi menurunkan stunting serta tidak kalah pentingnya pengendalian gejolak pangan dan inflasi.

“Adapun penerima bantuan Se Sulawesi Tenggara yakni 219.428 jiwa dan masing-masing akan mendapatkan 10 kg/bulan yang terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu bulan Januari sampai Maret dan tahap kedua bulan April sampai dengan bulan Juni tahun 2024,” ujarnya.

Suleman menambakan, untuk Kabupaten Konawe Kepulauan sebanyak 3.196 penerima bantuan pangan beras. Stok cadangan di Bulog khusunya JPP di Sulawesi Tenggara ada 13.000 ton dan untuk di Kabupaten Punggaloba yang melayani Bulog di kabupaten Konawe Kepulauan, Kota Kendari dan Konawe Utara dan Konawe Selatan bagian kota Kendari kurang lebih sebanyak 2.000 ton beras dan cukup untuk menyalurkan bantuan pangan selama 6 bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konkep Marten, SP mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu agenda dari dinas Ketahanan Pangan dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang prima seluruh masyarakat yang layak untuk mendapatkan bantuan itu.

“Harapan kami mudah-mudahan kegiatan ini adalah kegiatan yang dapat diterima bagi seluruh masyarakat luas, dalam hal ini para penerima manfaat dari program ini. Semoga kehadiran program pangan cadangan beras dari pemerintah ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya,” ucapnya.

“Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat berkelanjutan dari Dinas Ketahanan Pangan yang berkerja sama dengan Bulog Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai penyedia bantuan beras dari pemerintah ini, untuk mencukupi pasukan pangan kita,” pungkasnya.

Laporan: Jarman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *