273 Surat Suara DPD RI di Kendari Ditemukan dalam Kondisi Rusak

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh (Foto: Sultan)
Keterangan Gambar : Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh (Foto: Sultan)

KENDARI – KPU Kota Kendari menemukan 273 surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) untuk Calon Anggota DPD RI dalam kondisi rusak.

Hal ini diakui oleh Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh. Menurutnya, usai dilakukan pelipatan dan penyortiran selama dua hari, pihaknya menemukan kerusakan surat suara pada Calon Anggota DPD RI yang sangat beragam. Katanya, sebagian kertas suara tersobek dan gambarnya bagian dalam hilang.

“Yah ada 273 surat suara yang rusak, sebagian besar gambar dalamnya hilang, dan juga sobek,” kata Jumwal, Jumat (8/2/2019).

Atas surat suara yang dikategorikan rusak tersebut, lanjut Jumwal, selanjutnya akan didata hingga proses pelipatan selesai. Kata Jumwal, surat suara DPD RI yang rusak itu bakal dibuatkan berita acara untuk diajkan ke KPU RI agar segera dilakukan pergantian.

Menurut Jumwal, total surat suara untuk Pemilu yang bakal digelar 17 April 2019 mendatang di lima Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Kendari sekitar 1.067.405 lembar.

“Total surat suara Pemilu dari lima Dapil kota Kendari sekitar 1.067.405 lembar. Dan lembar surat suara DPD RI Sekitar 213.481,”tambahnya.

Jumwal Shaleh juga menambahkan, pelipatan surat suara di Kota Kendari melibatkan 100 orang dan diperkirakan akan selesai 20 hari kedepan.


Laporan: Sultan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *