22 Pemilik Suara Sah Penentu Ketua DPD I Golkar Sultra

Keterangan Gambar : Muh Basri (Foto:Ismed)

KENDARI-Musyawarah Daerah X Partai Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra yang sempat molor akhirnya diputuskan dewan pimpinan pusat berlangsung pada Rabu 11 Maret 2020 di Hotel Azizah Kendari.Steering Committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) X DPD I Partai Golkar Provinsi Sultra Muh Basri mengatakan,pendaftaran bakal calon (Bacalon) ketua DPD I Partai Golkar Sultra resmi ditutup.

Kata dia, jumlah Bacalon) DPD I Golkar berjumlah 9 orang dan pihaknya belum tahu pasti berapa orang yang mengembalilan berkas pencalonan.

Lanjut Basri,agenda utama musda ini yakni pemilihan Ketua DPD I Golkar Sultra mengingat kepemimpinan Ridwan Bae, selaku Ketua DPD I Golkar akan berakhir.Katanya terdapat 22 pemegang hak suara sah yang menyalurkan haknya pada Musda golkar ke X ini. Dimana 22 hak suara sah itu berasal dari beberapa unsur, yakni DPP, Dewan Pertimbangan, DPD I Provinsi Sultra, dan 17 Ketua-ketua DPD II se Sesutra yang memiliki hak suara.

“AMPG dan KPPG memiliki satu suara.MKGR, Soksi, dan Kosgoro juga memiliki satu suara. Terakhir AMPI, MDI, HWK dan Al-Hidayah dan Satker Ulama juga memiliki satu satu suara,”kata Basri ditemui diruang kerjanya Selasa (9/3/2020).

Sekertaris DPD I Golkar ini lebih detail lagi menjelaskan,para bakal calon yang mendaftar nanti,berdasarkan aturan Juklak Musda,harus mendapatkan dukungan 30 persen,untuk bisa ditetapkan sebagai calon.Dengan perhitungan 30 persen, minimal mendapatkan lima sampai enam dukungan.

“Jika dukungan sudah melebihi 50 persen,maka ada kemungkinan untuk proses pemilihan berjalan secara aklamasi,”ujarnya.

Sambungnya lagi terkait masalah suara, untuk AMPG dan KPPG itu wajib harus sepakat.Jika tidak,suara dinyatakan hangus. Untuk Soksi, MKGR, dan Kosgoro, jika terjadi perselisihan maka mereka akan voting. Kemudian suara yang sama itulah yang dianggap sah.

“Sistem seperti ini juga berlaku pada suara AMPI, MDI,HWK dan Al-Hidayah dan Satker Ulama,” tukasnya.

Lebih lanjut Basri dari ke 9 bacalon ini tergantung upaya mereka bagimana untuk mendapatkan dukungan suara dari pemegang hak suara terdapat 22 suara termaksud DPP 1 suara.

“Kami dari pihak stering comite maupun penyelenggara menginginkan bahwa golkar ini untuk kita jadi kita usahakan walaupun banyak yang mendaftar ketua mengambil langkah mufakat melahirkan satu orang.

“Perhelatan di Musda personel yang akan diturunkan disesuaikan kondisi dilapangan tapi saya sudah gambarkan kondisi dimusda.Insya Allah aman tidak seperti kongres partai lainnya kita usahakan akan berjalan tertib aman dan terkendali,”tandasnya.

Laporan:La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *